Pengertian dan Fungsi Rangka

 Pengetahuan

Setelah membahas fungsi otot di pembahasan sebelumnya, sekarang kita akan membahas tentang rangka. Masihkah anda mengingat pembahasan tentang rangka, saat dulu anda duduk di bangku sekolah? Apa pengertian dan fungsi rangka? Jika anda mengingatnya, marilah kita bersama – sama untuk membagi ilmu dan, apabila anda sudah melupakannya atau bahkan belum mengetahuinya, simaklah pembahasan kali ini!

Pembahasan tentang pengertian dan fungsi rangka berhubungan dengan ilmu alam yang dulu mungkin pernah kita pelajari di pelajaran Biologi. Menurut kamus bahasa Indonesia, ranka adalah susunan tulang manusia yang dijadikan penyangga. Sedangkan menurut ilmu alam, rangka adalah susunan tulang dalam tubuh manusia yang berkerja sama dengan otot untuk membentuk suatu gerakan pada tubuh manusia. Otot dalam tubuh manusia merupakan alat gerak aktif, sedangkan rangka dalam tubuh manusia merupakan alat gerak pasif. Jadi saat anda bergerak, ototlah yang melakukan kontraksi, dan saat otot berkontraksi, secara otomatis rangka mengikuti kontraksi dari otot tersebut. Dalam mahluk hidup, secara umum rangka terbagi menjadi dua, yaitu ;

5

  • Rangka endoskeleton. Rangka endoskeleton adalah rangka yang berada di dalam tubuh mahluk hidup
  • Rangka eksoskleton. Rangka eksoskleton adalah rangka yang berada di luar tubuh mahluk hidup. Contoh rangka eksoskleton adalah rangka pada binatang invertebrate (binatang yang tidak bertulang belakang)

Setelah membahas pengertian rangka pada alenia di atas, sudahkah anda memahami apa itu rangka? Tidak lengkap rasanya membahas pengertian tanpa mengetahui fungsi dari pembahasan tersebut. Untuk lebih menambah pemahaman anda, dalam pembahasan pengertian dan fungsi rangka kali ini, akan dijelaskan apa saja fungsi rangka dalam tubuh mahluk hidup. Fungsi rangka dalam tubuh adalah sebagai berikut :

  1. Rangka dalam tubuh mahluk hidup berfungsi sebagai alat gerak pasif yang membantu kerja otot untuk mahluk hidup melakukan aktifitas gerak dalam kehidupannya sehari – hari
  2. Rangka dalam tubuh mahluk hidup berfungsi sebagai tempat melekatnya otot rangka, karena otot dan rangka letaknya berdampingan dan melekat erat.
  3. Rangka dalam tubuh mahluk hidup berfungsi sebagai pemberi bentuk pada tubuh, hal inilah yang menyebabkan kepala, badan, lengan, dan kaki pada tubuh mahluk hidup berbeda – beda.
  4. Rangka dalam tubuh mahluk hidup juga berfungsi untuk melindungi bagian – bagian vital dalam tubuh mahluk hidup, bagian – bagian ini maksudnya adalah organ dalam tubuh mahluk hidup.

Setelah membaca pembahasan pengertian dan fungsi rangka di atas, dapatkah anda mendefinisikan dan menyebutkan pengertian dan fungsi rangka? Rangka dalam tubuh mahluk hidup memiliki peranan yang terbilang cukup penting, tidak akan berguna otot tanpa rangka, begitu juga sebaliknya, keduanya bekerja sama untuk membentuk suatu fungsi dalam tubuh berupa gerak tubuh.

Sekian pembahasan pengertian dan fungsi rangka kali ini, penulis berharap pembahasan kali ini menambah ilmu pengetahuan dan wawaasan untuk anda yang membacanya. Penulis juga berharap pembahasan artikel kali ini memberikan rasa penasaran untuk pembaca, sehingga anda akan terus membaca dan membaca. Teruslah membaca mencari ilmu alam yang tak terbatas!

Related Posts