Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli adalah – Dalam islam, kita mengenal berbagai macam bidang ilmu. Dari mulai yang berhubungan dengan akhirat mau pun dunia ini. Tokoh-tokoh islam di masalalu telah banyak membuat kitab yang memudahkan kita untuk belajar tentang islam. Sebagai umat muslim tentunya kita harus memiliki keinginan untuk mempelajari itu semua. Khususnya ilmu yang membahas tentang kepercayaan kita kepada Allah. Nah, ilmu yang membahas tentang keyakinan itu, salah satunya adalah ilmu kalam.Untuk lebih jelasnya, silahkan simak Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli. Ulama terkenal pada masa Dinasti Abbasisiyah, Ibnu Khaldun, menerangkan dalam kitabnya bahwa : ilmu kalam adalah ilmu yang mempelajari tentang kepercayaan kita terhadap keesaan Allah dengan di dasarkan pada akal pikiran manusia dan juga berisi bantahan-bantahan terhadap orang yang mengingkarinya atau berbeda dengan kepercayaan para salaf dan ahlisunnah.

1

Jadi, ilmu kalam adalah ilmu yang erat kaitannya dengan akidah atau kepercayaan kita. Al-Qur’an dan hadits nabi merupakan dasar utama dalam ilmu ini. Masih tentang Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli. Ilmu kalam juga dapat disebut ilmu teologi karena mempelajari tentang ketuhanan. Ada pula yang menyebut ilmu kalam sebagai ilmu ushuludin karena menjelaskan tentang dasar aqidah. Aqidah yang artinya atau kepercayaan dan tauhid yang berarti keesaan juga merupakan nama lain dari ilmu kalam ini.

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli. Menurut Mustafa Abdul Raziq, ilmu kalam adalah ilmu yang berhubungan keyakinan aqidah atau iman seseorang yang berlandaskan argument rasional.

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli. Sementara itu, Al-farabi, tokoh jenius muslim berabad tahun yang lalu juga menjelaskan : Ilmu kalam merupakan ilmu yang mempelajari keesaan zat Allah dan sifat-sifatnya beserta semua eksistensinya, mulai dari masalah dunia hingga sampai ke masalah akhirat.

Setelah kita tahu Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli. Kita akan sedikit membahas tentang kajian dalam ilmu kalam. Ilmu kalam atau yang juga sering disebut dengan ilmu makrifat memiliki ruang lingkup. Berikut ini adalah ruang lingkup ilmu kalam menurut Hasan Al Banna:

  1. Illahiyat

Yaitu tentang pembahasan mengenai Allah SWT sebagai Tuhan kita. Terasuk menjelaskan tentang nama-nama indah yang Allah miliki (Asmaul Husna), sifat-sifat Allah, dsb.

  1. Nubuwwat

Menjelaskan tentang hal yang berhubungan dengan nabi dan rosul dan juga kitab-kitab yang diwahyukan Allah kepada mereka. Nubuwat juga membahas mu,jizat yang dimiliki oleh para nabi dan rosul, keistimewaan mereka, dsb.

  1. Ruhaniyyat

Yaitu membhas tentang segala hal yang berkaitan dengan alam metafisik atau alam gaib, seperti : malaikat, jin, setan, iblis, roh, dsb.

  1. Sam’iyat

Yaitu membahas tentang semua hal yang hanya bisa dimengerti dengan sam’i (Alqur’an dan hadits) karena tidak dapat dijangakau oleh akal manusia, misalnya: akhirat, alam barzah, siksa kubur, surga, neraka, dll.

Keempat poin dalam ruang lingkup tersebut sebenarnya hampir sama dengan arkanul iman yang wajib kita yakini. Yaitu :

  1. Iman kepada Allah SWT
  2. Iman kepada para malaikat Allah
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah
  4. Iman kepada para Rosul
  5. Iman kepada hari kiamat
  6. Iman kepada Qadla dan Qadhar Allah

Related Posts