Penyakit gigi , mulut dan gusi , pencegahannya , ciri ciri gejalanya, dan pengobatanya

 Kesehatan

Gigi merupakan alat pencerna makanan yang memiliki fungsi sangat banyak, diantaranya gigi berfungsi untuk melembutkan makanan, karena itu apabila gigi kita terkena penyakit maka kinerja gigi akan berkurang, untuk itu perlu kiranya kita mengetahui beberapa informasi terkait  penyakit gigi , mulut dan gusi , pencegahannya , ciri ciri gejalanya , dan pengobatanya,  tujuannya adalah agar sejak dini kita dapat menjaga gigi dan mulut kita agar jangan sampai penyakit berani menyerang, penyakit apasajakah yang dapat menyerang gigi? Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat menyerang kesehatan gigi.

5

  1. Karies gigi

Karies gigi yaitu terjadinya lubang pada gigi yang bertempat pada lapisan email gigi dan dentin

  1. Pulpitis

Pulpitis adalah radang pada gigi yang terdapat pada pulpa maupun syaraf gigi

  1. Periodontitis

Perodontitis adalah penyakit gigi yang disebabkan karena terjadinya radang pada jaringan tulang penyangga gigi yang merupakan jaringan pendukung gigi

  1. Ambesis gigi

Ambesis gigi yaitu terjadinya pembengkakan pada gigi

  1. Karang gigi

Itulah beberapa penyakit yang dapat menyerang kesehatan gigi kita, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar penyakit gigi , mulut dan gusi , pencegahannya , ciri ciri gejalanya , dan pengobatanya tidak membuat kita repot, hal yang paling sederhana dan dapat kita lakukan sehari-hari adalah dengan rutin menggosok gigi serta membersihkan mulut dan rongga mulut dengan teratur, kebiasaan kecil seperti menggosok gigi sebelum tidur ternyata sangat ampuh untuk mencegah terjangkitnya penyakit gigi dan mulut, karena dengan melakukan hal tersebut sisa makanan yang menempel pada gigi akan menghilang, sehingga tidak ada kesempatan untuk bakteri maupun jamur berkembang.

Selain penyakit gigi, penyakit mulut dan gusi juga perlu anda waspadai, selain menimbulkan rasa sakit biasanya penyakit mulut dan gusi itu juga dapat mengganggu dalam beraktifitas sehari-hari, beberapa penyakit mulut dan gusi antara lain

  1. Bau mulut

Bau mulut ini biasanya disebabkan karena perilaku yang kurang bersih, misalnya tidak membersihkan mulut setelah mengonsumsi bawang putih maupun bawang merah, pemakai gigi palsu yang kurang terawat, merokok maupun munim minuman beralkohol juga dapat menjadi penyebab bau mulut.

  1. Sariawan

Jamur candida yang menjadi penyebab penyakit sariawan ini sering sekali di derita oleh orang dewasa maupun bayi.

  1. Radang mulut

Penyakit radang mulut biasanya memiliki ciri lidah berwarna lebih pucat dan terdapat bercak-bercak kuning agak putih, penyakit ini biasanya akan menimbulkan rasa perih apabila terkena makanan maupun tersenggol saat menggosok gigi.

  1. Infeksi gusi

Peradangan pada mulut menyebabkan gusi menjadi menyusut, akibatnya akan terbentuk kantong-kantong diantara gigi dan gusi, kantong-kantong ini merupakan kantong perangkap untuk karang gigi, plak, dan sisa-sisa makanan yang jika bersarang akan menimbulkan infeksi dan abses. Jika penyakit ini di biarkan maka akan dapat merusak tulang yang mendukung gigi, hal ini merupakan penyebab utama hilangnya gigi pada oerang dewasa.

Jadi, sejak saat ini pasti anda telah tahu apa itu penyakit gigi , mulut dan gusi , pencegahannya , ciri ciri gejalanya , dan pengobatanya sehingga kita dapat menghindari terjangkit penyakit tersebut.

Related Posts