Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah sistem operasi akan kita temukan bila berbicara mengenai teknologi komputer. Hal tersebut karena sistem operasi merupakan salah satu bentuk software pada komputer. Pengertian sistem operasi menurut para ahli bisa membuat kita lebih memahaminya sebagai bagian dari ilmu dan teknologi. Secara umum, sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.

                Sumber lain menyebutkan bahwa sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang mengatur semua sumber daya dalam komputer. Sumber daya ini dapat berupa perangkat keras (hardware) maupun program aplikasi. Sistem operasi bagaikan nyawa bagi komputer. Tanpa sistem operasi, kinerja komputer akan kacau. Komputer tidak akan dapat mengerjakan tugas yang kita berikan dengan lancar. Sistem operasi terdiri atas perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan sistem komputer. Tak hanya dalam komputer, saat ini sistem operasi sudah merambah ke telepon selular. Sistem operasi telepon selular yang terkenal adalah Android dan IOS.

2

                Berikut ini adalah beberapa pengertian sistem operasi menurut para ahli. Kebanyakan definisi ini mengacu pada teknologi komputer, tetapi secara garis besar bisa digunakan pula dalam teknologi telepon selular.

  • Menurut Fery Indayudha, sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjaankan semua palikasi program/software yang ada di komputer.
  • Menurut Tata Sutabri, sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
  • Menurut Mc Leod (PEARSON), sistem operasi adalah program-program komputer yang mengendalikan sumber daya piranti keras dan piranti lunak komputer kita.
  • Menurut Erwan Arbie, sistem informasi adalah sistemdi dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu dan mendukung kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu mempermudah penyediaan laporan yang diperlukan.
  • Menurut Sunarto, sistem operasi adalah software yang langsung berkomunikasi dengan hardware komputer kita.
  • Menurut Tafri D. Muhyuzir, sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya.
  • Menurut Ali Zaki (SMITDEV), sistem operasi adalah software yang mengoperasikan atau menjalankan komputer.
  • Menurut O’Brien, sistem informasi adalah suatu   kombinasi terartur apapun dari orang, hardware, software, jaringan komunikasi, dan database yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk organisasi.
  • Menurut Wahana Komputer, sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan.
  • Menurut Haer Talib, sistem operasi adalah program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang dikenal oleh mesin komputer (bahasa mesin).
  • Menurut M. Suyanto, sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer.
  • Menurut Zainal Abidin, sistem operasi adalah program utama dalam sebuah komputer.
  • Menurut Iim Rusyamsi, sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian software , pengertian zakat , pengertian sistem operasi , pengertian modem , pengertian batik , pengertian uang , pengertian statistik , pengertian lan , pengertian geografi , pengertian cerpen , pengertian energi

Related Posts