Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah statistik memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, di sekolah pun telah ada materi mengenai istilah ini. Pengertian statistik menurut para ahli bisa jadi sudah banyak yang mengetahuinya. Statistik berasal dari bahasa Latin status yang mempunyai persamaan arti dengan bahasa Inggris state atau bahasa Belanda staat, yang kemudian diartikan sebagai negara. Secara istilah, statistik diartikan sebagai kumpylan bahan keterangan atau data, baik berupa angka (kuantitatif) maupun bukan angka (kualitatif) yang berguna bagi negara. Namun, seiring berkembangnya ilmu, statistik dibatasi hanya pada kumpulan data yang bersifat angka saja. Sedangkan penggunaannya tidak lagi dibatasi hanya untuk keperluan negara saja, melainkan bisa untuk kepentingan lainnya.

6

                Berikut ini pengertian statistik menurut para ahli untuk lebih melengkapi asal kata dan pengertian statistik secara umum.

  • Menurut Anderson and Bancrof, statistik adalah ilmu dan seni pengembangan dan penerapan metode yang paling efektif untuk kemungkinan salah dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan menggunakan penalaran induktif berdasarkan matematika probabilitas.
  • Menurut Agus Irianto, statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.
  • Menurut UU RI No. 7 tahun 1960, statistik adalah keterangan berupa angka-angka yang memberikan gambaran yang wajar dari seluruh ciri-ciri kegiatan dan keadaan masyarakat Indonesia.
  • Menurut Sutrisno Hadi, statistik adalah cara untuk mengolah data dan menarik kesimpulan-kesimpulan yang teliti dan keputusan-keuptusan yang logis dari pengolahan data.
  • Menurut Kamus Webster Dictionary, statistik adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisa data serta cara pengambilan kesimpulan atas hasil survei.
  • Menurut Sudjana, statistik adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara – cara pengumpulan fakta, pengolahan serta penganalisaannya, pernarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta dan penganalisaan yang dilakukan.
  • Menurut M. Iqbal Hasan, statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data, yaitu tentang pengumpulan, pengolahan, penganalisa, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka.
  • Menurut Sudrajat, statistik adaah suatu ilmu pengentahuan mengenai cara dan aturan dalam hal pengumpulan data, pengolahan, analisa, penarikan kesimpulan, penuajian dan publikasi dari data-dat yang berbentuk angka.
  • Menurut Margueritte F. Hall, statistik adalah suatu tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisis dan menyimpulkan atau mengadakan penafsiran data yang berbentuk angka.
  • Menurut Syamsuddin, statistik adalah himpunan data yang berbentuk angka, baik yang belum disusun maupun yang sudah tersusun dalam daftar dan disajikan ke dalam bentuk grafik.

Pengertian statistik menurut para ahli di atas mengajarkan banyak hal yang berguna. Selain itu, statistik memiliki dua jenis ilmu yang bisa dipelajari, yakni statistik deskriptif dan statistik infernsial. Statistik deskriptif adalah metode-metode yang berkait dengan pengumpulan dan penyajian sekumpulan data sehingga daoat memberikan informasi yang berguna. Statistik deskriptif hanya memberikan informasi mengenai data yang dimiliki saja tanpa adanya penarikan simpulan lebih jauh dari data tersebut. Sedangkan statistik infernsial merupakan kebalikan dari statistik deskriptif, yakni statistik yang berkenaan dengan cara penarikan simpulan berdasarkan data yang didapatkan dari sampel (contoh) untuk menggambarkan karakteristik atau ciri dari suatu populasi.dalam statistik infernsial dilakukan suatu generalisasi dari hal yang bersifat khusus ke hal yang bersifat lebih umum. Oleh karena itu statistik infernsial disebut juga dengan statistik penarikan simpulan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian software , pengertian zakat , pengertian sistem operasi , pengertian modem , pengertian batik , pengertian uang , pengertian statistik , pengertian lan , pengertian geografi , pengertian cerpen , pengertian energi

Related Posts