Pengertian Software Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Software biasa disebut juga dengan perangkat lunak. Perangkat ini terdapat dalam teknologi komputer. Keberadaan software terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan temuan-temuan teknologi terbaru. Pengertian software menurut para ahli pun juga ikut berkembang mengikuti teknologinya. Namun, inti dari kesemua definisi tersebut tetaplah sama karena berkembang seperti apapun konsep software tetaplah sama pada teknologi komputer. Software atau perangkat lunak adalah program komputer yg berfungsi sebagai sarana interaksi atau yg menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras. Software disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras.

                Software memiliki banyak jenis yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya. Secara garis besar ada dua jenis software, yakni software sistem dan software aplikasi. Software sistem adalah software yang didesain untuk membantu perangkat keras seperti komputer atau sejenisnya yang biasanya di desain oleh perusahaan manufaktur perangkat tersebut. Software jenis ini biasanya dibuat dengan bahasa pemrograman komputer dasar atau low-level programming. sedangkan software aplikasi, software yang di buat dan dikembangkan untuk kebutuhan lingkungan kerja atau pengguna tertentu dengan tujuan yang spesifik untuk pengguna. Setiap software dibuat sesuai dengan fungsinya masing-masing, misalnya untuk menghitung dan mengolah sekumpulan angka, membuat dokumen surat, laporan, dan makalah, membuat dan mengolah gambar, bahkan untuk membuat presentasi atau multimedia. Software ini dibagi menjadi tiga golongan, yaitu sistem operasi, bahasa pemrograman, dan program aplikasi.

10

                Pengertian software menurut para ahli akan dipaparkan berikut ini.

  • Menurut R. Wilman & Riyan, software merupakan sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan komponen hardware. Software bersifat maya, artinya software tidak terlihat, tetapi keberadaannya sangat dirasakan.
  • Menurut Wiwit Siswoutomo, software merupakan nyawa dari sebuah komputer. Tanpa perangkat lunak, komputer hanya sebuah perangkat keras mati yang tidak ada gunanya.
  • Menurut Wahana Komputer, software adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware. Software dalam komputer meliputi sistem operasi dan aplikasi.
  • Menurut Juntak Teamwork, software merupakan konstruksi atau bangunan program yang telah disusun dan diatur sedemikian rupa, demi peruntukkan sebuah sistem kerja yang dijalankannya.
  • Menurut Fauziah, software adalah program untuk memasukkan data, mengecek data, menyimpan data, memperoleh data hasil, dan presentasi serta manipulasi data.
  • Menurut ITL Education Solutions Limited, perangkat lunak atau software adalah istilah umum untuk koleksi data komputer dan instruksi yang  terorganisir. Software bertanggung jawab untuk mengendalikan, mengintegrasikan dan mengelola komponen hardware dari sistem komputer  untuk menyelesaikan tugas tugas tertentu.
  • Menurut Sunarto, S,Kom., software merupakan nyawa sebuah komputer sehingga komputer tidak  dapat digunakan bila tidak dilengkapi dengan software.

                Berdasarkan pengertian software menurut para ahli di atas, kita bisa menggali lebih dalam mengenai software. Dilihat dari sisi komersial, software memiliki 4 jenis, yakni software berbayar, opensource software, freeware, dan shareware. Software berbayar, software yang dapat digunakan dengan membayar atau membeli lisensi dari pengembang software tersebut. Opensource software, software yang dibuat untuk bebas diotak atik dan di tambahkan fiturnya yang bertujuan untuk merevisi dan belajar bagaimana software tersebut di buat. Freeware, perangkat lunak yang memiliki hak cipta dan dapat digunakan selamanya tanpa ada batasan waktu. Shareware, perangkat lunak yang disebarluaskan untuk fungsi dan kegunaan tertentu seperti untuk trial dan uji coba yang bertujuan untuk melakukan testing dan pengujian pada software tersebut dan memiliki banyak keterbatasan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian software , pengertian zakat , pengertian sistem operasi , pengertian modem , pengertian batik , pengertian uang , pengertian statistik , pengertian lan , pengertian geografi , pengertian cerpen , pengertian energi

 

Related Posts