Pengertian Urbanisasi Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Sebagai negara yang tengah berusaha memajukan kesejahteraan penduduknya, Indonesia telah menerapkan berbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan urbanisasi. Apa itu urbanisasi? Apa pula pengertian urbanisasi menurut para ahli Adalah? Sistem urbanisasi yang dilakukan pemerintah memiliki sasaran untuk melakukan pemerataan jumlah penduduk dan juga meningkatkan taraf kehidupan penduduknya menjadi lebih baik. Istilah urbanisasi memang sudah dikenal sejak lama, terutama bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia. Sistem urbanisasi di Indonesia berkembang sangat pesat sehingga menimbulkan banyak permasalahan baru di beberapa wilayah. Hal ini menjadi dampak dari urbanisasi yang harus terus dicari solusinya oleh pemerintah.

Secara umum, urbanisasi merupakan proses perpindahan penduduk dari desa ke kota, baik itu kota kecil maupun kota besar. Orang-orang yang melakukan urbanisasi disebut dengan urban. Tujuan mereka berpindah dari desa tempat asalnya menuju ke kota yang akan ditinggal tak lain adalah untuk meningkatkan taraf kehidupannya agar lebih baik dengan cara mengadu nasib di kota. Sampai saat ini kota-kota yang sering atau favorit menjadi tujuan urbanisasi adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Meda, dan Semarang. Urbanisasi terjadi karena ada faktor pendorong atau penariknya, dalam kasus ini faktor pendorong berasal dari desa dan faktor penarik berasal dari kota. Kualitas kehidupan, pendidikan, dan perekonomian di kota yang lebih baik menjadi faktor penarik penduduk desa untuk melakukan urbanisasi.

8

Fenomena urbanisasi yang semakin tahun semakin meningkat jumlahnya ini membuat banyak pakar tertarik untuk menelitinya. Berikut ini beberapa pengertian urbanisasi menurut para ahli yang didapat dari hasil penelitian atau kajian tersebut.

  • Menurut Kantsebovskaya, urbanisasi dalah gejala atau proses yang sifatnya multi-sektoral, baik dilihat dari sebab maupun akibat yang ditimbulkannya.
  • Menurut J.H. De Goede, urbanisasi adalah proses pertambahan penduduk pada suatu wilayah perkotaan (urban) ataupun proses transformasi suatu wilayah berkarakter pedesaan (rural) menjadi urban.
  • Menurut Shryyock dan Siegel, urbanisasi adalah pertambahan penduduk perkotaan.

Selain itu, urbanisasi juga dapat diartikan dari beberapa ilmu, yakni ilmu pengetahuan sosial dan ilmu kependudukan. Dari pandangan ilmu pengetahuan sosial, urbanisasi adalah suatu proses penambahan yang bersifat kekotaan. Sedangkan dari pandangan ilmu kependudukan, urbanisasi adalah jumlah atau persentase penduduk yang tinggal di daerah perkotaan.

Dalam pengertian urbanisasi menurut para ahli di atas telah dikatakan bahwa urbanisasi bisa terjadi karena dua faktor, yakni faktor pendorong dari desa dan faktor penarik dari kota. Rincian dari faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.

Faktor pendorong dari desa

  • Sedikitnya lapangan pekerjaan di desa.
  • Upah yang rendah.
  • Banyaknya bencana banjir, tanah longsor, kemarau, penyakit, dan lain-lain yang mengancam penduduk di desa.
  • Fasilitas kehidupan yang tak memadai dan tak selengkap di kota.
  • Tanah pertanian yang sudah tidak subur lagi.

Faktor penarik dari kota

  • Kesempatan kerja atau lapangan pekerjaan lebih banyak.
  • Upah yang lebih tinggi.
  • Anggapan yang menyatakan bahwa kota merupakan pusat pemerintahan, perdagangan, dan teknologi yang canggih.
  • Tersedianya berbagai macam fasilitas penunjang kehidupan yang modern.

Related Posts