Pengertian Karya Ilmiah Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mempelajari pengertian karya ilmiah menurut para ahli tak lengkap bila tak membahas karya ilmiah secara umum. Karya ilmiah bisa disebut juga dengan karangan ilmiah atau tulisan ilmiah, sedangkan dalam bahasa Inggris diartikan dengan scientific paper. Karya ilmiah bisa diartikan sebagai laporan tertulis yang diterbitkan, memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan tertentu. Karya ilmiah biasanya dibuat untuk menjawab mengenai sesuatu hal atau untuk membuktikan kebenaran tentang sesuatu yang terdapat dalam objek tulisan.  Ada berbagai jenis karya ilmiah, yakno laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal.

6

                Lalu, bagaimana dengan pengertian karya ilmiah menurut para ahli? Berikut ini akan dipaparkan beberapa definisi karya ilmiah yang dikemukakan oleh beberapa pakar.

  • Menurut Brotowidjoyo, karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodolog penulisan yang baik dan benar.
  • Menurut Munawar Syamsudin, tulisan ilmiah adalah naskah yang membahas suatu masalah tertentu, atas dasar konsepsi keilmuan tertentu, dengan memilih metode penyajian tertentu secara utuh, teratur, dan konsisten.
  • Menurut Drs.Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi, karya ilmiah merupakan serangkaian kegiatan penulisan berdasarkan hasil penelitian, yang sistematis berdasar pada metode ilmiah, untuk mendapatkan jawaban secara ilmiah terhadap permasalahan yang muncul sebelumnya.
  • Menurut Eko Susilo M, karya ilmiah adalah suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematikan penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya.
  • Menurut Hery Firman, karya ilmiah adalah laporan tertulis dan di publikasikan dipaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
  • Menurut Jones, dari pengertiannya karya ilmiah dibagi menjadi dua, yakni karya ilmiah dan karya ilmiah popular. Karya ilmiah adalah karangan ilmiah yang ditujukan kepada masyarakat tertentu atau profesional yang biasanya bersifat karya ilmiah tinggi. Sedangkan karya ilmiah popular adalah karangan ilmiah yang ditujukan kepada masyarakat umum.

                Selain pengertian karya ilmiah menurut para ahli, karya ilmiah memiliki beberapa macam bentuk. Masing-masing bentuk dibuat untuk kepentingan yang berbeda. Macam-macam bentuk karya ilmiah adalah makalah, artikel, skripsi, tesis, dan disertasi. Makalah adalah karya ilmiah yang membahas suatu pokok permasalahan yang digunakan sebagai hasil penelitian yang disampaikan secara ilmiah (seminar atau diskusi). Artikel adalah karya tulis yang dimuat dalam media massa dengan tujuan meyakinkan, membahas isu-isu, mendidik, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat. Skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis berdasarkan suatu hasil penelitian lapangan atau kajian pustaka dan dapat dipertahankan di depan ruang siding dalam rangka penyelesaian studi strata 1 (S1). Tesis dan disertasi pada dasarnya sama dengan skripsi, hanya saja tesis untuk mendapatkan gelar Strata 2 (S2) dan disertasi untuk mendapatkan gelas Strata 3 (S3).

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian server , pengertian pergaulan bebas , pengertian hiv aids , pengertian virus , pengertian poster , pengertian media pembelajaran , pengertian karya ilmiah , pengertian e-mail , pengertian obligasi , pengertian haji , pengertian url

Related Posts