Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel

 Pengetahuan

Jika anda pengguna komputer, anda pasti tahu tentang Microsoft excel. Pertanyaannya adalah, pernahkah anda menggunakan Microsoft excel? Jika pernah, tahukah anda apa pengertian dan fungsi Microsoft excel? Simaklah pembahasan kali ini agar anda memahaminya.

Pembahasan kali ini diberi judul pengertian dan fungsi Microsoft excel. Apa itu mocrosoft excel? Microsoft excel bukanlah kata yang asing di telinga masyarakat. Bahkan menurut penulis, hampir semua orang pernah menggunakan Microsoft excel. Microsoft excel diartikan sebagai aplikasi untuk mengelola data secara otomatis. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus perhitungan dasar yang sudah teproses dalam suatu komputer. Microsoft excel digunakan khususnya untuk mengola data berupa angka yang membutuhkan proses perhitungan. Microsoft excel memiliki banyak fungsi yang dapat kita nikmati manfaatnya, fungsi tersebut diantaranya ;

2

  1. Microsoft excel berfungsi sebagai kalkulator cepat dalam sebuah pekerjaan. Dengan adanya Microsoft, beberapa kategori fungsi yang ada di dalamnya mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan proses perhitungan cepat. Jadi anda tidak perlu repot dengan membawa – bawa kalkulator.
  2. Microsoft excel mempermudah dalam pembuatan table dan grafik, melalui informasi lengkap Microsoft excel berfungsi sebagai sebuah database. Maksudnya adalah dengan menggunakan Microsoft excel, kita dapat menyimpan daftar informasi sama seperti pada Microsoft acces. Misalnya, dalam pembuatan laporan kita membutuhkan table dan grafik untuk proses analisa, Microsoft excel menyelesaikan dengan mudah pekerjaan ini, hanya dengan memasukan daftar informasi berupa angka dan keterangan lain yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya.
  3. Microsoft excel mamperbaharui data secara otomatis melalui fungsi yang digunakan. Maksudnya adalah jika kita mengerjakan pekerjaan kita dalam dua sheet ; sheet A dan sheet B, apabila rumus yang digunakan pada kedua sheet ini berhubungan satu sama lain, dapat dipastikan satu angka saja diubah akan mempengaruhi angka yang lain. Jadi tidak perlu repot membolak – balikan hitungan.
  4. Microsoft excel sangat berguna dalam dunia industry, karena pada dasarnya tidak mungkin dunia industry mengerjakan perhitungan tanpa menggunakan Microsoft excel. Misalnya ; Microsoft excel menganalisa perhitungan untung rugi, Microsoft excel menganalisa kebutuhan – kebutuhan yang berkaitan dengan proses industry, seperti input dan output yang harus ada dalam suatu proses industry, dan membantu menganalisa factor – factor kerusakan yang mungkin terjadi dalam suatu industry, sehingga dengan analisa tersebut kerusakan bisa diminimalisir.
  5. Microsoft excel mempermudah seseorang menyelesaikan tugas studinya. Hampir semua dalam bidang pendidikan mempergunakan Hal ini berarti Microsoft excel berfungsi dalam membantu proses pembelajaran seseorang.

Sudahkah anda memahami pengertian dan fungsi Microsoft excel? Microsoft excel mengambil peranan yang cukup penting dalam aspek kehidupan, baik dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan. Mungkin bagi sebagaia orang yang tidak memahami ilmu komputer hal ini dianggap tak penting untuk dipelajari, tapi siapa tahu saja suatu saat nanti informasi ini menjadi ilmu yang sangat dibutuhkan. Sekian pembahasan dengan judul pengertian dan fungsi Microsoft excel, semoga pembahasan ini menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi anda yang membacanya.

Related Posts