Pengertian FTP Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi protokol Pengiriman Berkas. Protokol ini sangat membantu kita dalam aktivitas berinternet, yakni untuk mengupload dan mendownload file yang diperlukan. Banyak orang yang belum mengetahui hal tersebut, untuk itu perlu adanya pembahasan lebih lanjut mengenai pengertian FTP menurut para ahli. Tujuannya agar kita bisa lebih memahami mengenai apa yang kita lakukan dengan internet dan cara-cara kerja di dalamnya. Bagaimana sebuah file bisa kita unggah atau kita unduh dengan sangat baik. Memahami sesuatu yang baru memang bisa dijadikan proses pembelajaran yang bermanfaat bagi pengetahuan kita.

                FTP merupakan suatu protokol yang memiliki fungsi dalam pertukaran file di suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Pengertian lain menyebutkan bahwa FTP adalah salah satu protokol internet yang menjalankan tugas di dalam level aplikasi dengan standar untuk proses transfer file antar komputer dalam sebuah framework. FTP ternyata adalah sebuah protokol yang pertama kali dikembangkan dan masih digunakan oleh banyak pengguna sampai saat ini. Protokol ini membuat pengguna atau user bisa berkomunikasi dengan cara saling transfer data dari satu perangkat komputer ke perangkat komputer lainnya.

7

                Pengertian FTP menurut para ahli diungkapkan oleh situs Wikipedia dan Webopedia. Menurut Wikipedia, FTP adalah File Transfer Protokol jaringan standar yang dipakai untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer yang lain melalui jaringan berbasis TCP (Transmission Control Protocol). Sedangkan menurut Webopedia, FTP adalah protokol untuk pertukaran file melalui jaringan internet. FTP bekerja dengan sistem seperti HTTP, yakni mentransfer situs dari server yang satu ke server yang lainnya. Kedua pengertian di atas merujuk pada satu hal yang sama, yakni FTP didefinisikan sebagai sebuah protokol yang fungsi utamanya adalah untuk saling mengirim dan menerima file dari satu server ke server lain yang saling berkaitan melalui jaringan internet.

                FTP secara umum dibagi menjadi dua jenis, yakni Public FTP dan Private FTP. Public FTP adalah sebuah server yang memperbolehkan siapapun untuk memperoleh atau mendownload file yang ada pada FTP tersebut. FTP ini biasa disebut dengan Anonymous FTP. Sedangkan yang dimaksud dengan Private FTP adalah server yang hanya memperbolehkan user-suer tertentu untuk mengakses file-file tertentu pula. FTP ini biasanya menggunakan metode authentication untuk melindungi FTP tersebut. Anda bisa memilih menggunakan protokol yang mana sesuai dengan kebutuhan. Bila Anda membutuhkan privasi dan tidak ingin file rahasia Anda diunduh oleh orang-orang tidak bertanggung jawab, gunakanlah private FTP.

                FTP memiliki fungsi-fungsi yang patut untuk diketahui di samping pengertian FTP menurut para ahli. Berikut ini fungsi yang dimaksud (1) ditujukan untuk saling sharing data, (2) menyediakan indirext ataupun implicit remote komputer, (3) menyediakan ruang penyimpanan bagi pengguna, dan (4) menyediakan transfer data bagi file secara efisien. Fungsi-fungsi tersebut yang membuat FTP selalu menjadi protokol yang diminati oleh banyak pengguna dari pertama diluncurkan hingga sekarang.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian corel draw , pengertian mysql , pengertian hipertensi , pengertian power point , pengertian basis data , pengertian kas , pengertian mouse , pengertian ftp , pengertian prestasi belajar , pengertian imunisasi , pengertian struktur organisasi

Related Posts