Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Tujuan seseorang melakukan kegiatan belajar secara terus menerus, selain untuk menambah ilmu juga untuk menghasilkan prestasi yang membanggakan. Di samping belajar memang harus dilakukan tanpa henti selama kita masih mampu, prestasi menjadi motivasi berbeda agar belajar menjadi lebih menyenangkan. Untuk mengetahui seperti apa pengaruh prestasi dalam kegiatan belajar, dalam kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian prestasi belajar menurut para ahli. Prestasi belajar merupakan hasil dari proses belajar dan menjadi satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan.

Prestasi belajar pada intinya adalah sebuah capaian yang diinginkan oleh seseorang selama proses belajar itu berlangsung. Prestasi belajar dibentuk dari kata prestasi dan belajar. Prestasi adalah hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan suatu kegiatan, sedangkan belajar adalah proses mengamati, membaca, mencoba, dan mencari tahu hal baru. Sehingga prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil akhir dari proses belajar yang biasanya didapat melalui tahap evaluasi dengan memberikan penilaian akhir pada seorang peserta didik. Seberapa besar peserta didik mampu memberikan timbal balik dari setiap evaluasi yang diberikan, maka itulah gambaran prestasi belajar yang ia capai sejauh ini.

8

Berikut ini ada beberapa pengertian prestasi belajar menurut para ahli. Definisi-definisi ini mempertegas pengertian secara umum di atas.

  • Menurut Asmara, prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh seseorang dalam hal penguasaan dan keterampilan yang dikembangkan dalam pembelajaran.
  • Menurut Winkel, prestasi belajar adalah bukti dari keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang sesuai dengan bobot nilai yang berhasil diraih.
  • Menurut Hetika, prestasi belajar adalah pencapaian atau kecakapan yang ditunjukkan dalam keterampilan atau keahlian ilmu pengetahuan.
  • Menurut Arif Gunarso, prestasi belajar adalah usaha maksimal atau usaha tertinggi yang telah dicapai oleh seseorang setelah ia melakukan usaha atau proses belajar.
  • Menurut Nasution, prestasi belajar adalah kesempurnaan yang dimiliki oleh peserta didik dalam hal berpikir, merasa dan berbuat. Prestasi belajar seorang peserta didik dikatakan sempurna apabila bisa memenuhi tiga aspek, yakni aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
  • Menurut Harjati, prestasi belajar adalah hasil dari usaha yang dilakukan dan mampu menghasilkan perubahan yang dinyatakan dalam simbol untuk menunjukkan pencapaian dalam hasil kerja pada periode waktu tertentu.

                Selain kecerdasan dan kemampuan belajar peserta didik, prestasi belajar juga bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang dimaksud adalah minat dan motivasi yang ada di dalam diri masing-masing peserta didik. Bila peserta didik memiliki minat dan motivasi yang besar untuk melakukan proses belajar, bukan tidak mungkin prestasi belajar mereka akan mencapai hasil yang baik bahkan maksimal. Faktor eksternal yang dibicarakan di sini adalah kualitas pendidik, metode dalam pembelajaran, lingkungan tempat belajar, fasilitas yang dipakai untuk mengajar, dan hal-hal lain yang bisa mempengaruhi dari luar diri peserta didik. Hal-hal tersebut menjadi pelengkap pengertian prestasi belajar menurut para ahli yang bisa dipelajari dan dijadikan bahan pembelajaran tambahan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian corel draw , pengertian mysql , pengertian hipertensi , pengertian power point , pengertian basis data , pengertian kas , pengertian mouse , pengertian ftp , pengertian prestasi belajar , pengertian imunisasi , pengertian struktur organisasi

Related Posts