Pengertian Hipertensi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dulu penyakit hipertensi selalu identik diderita oleh orang dengan usia lanjut. Namun kenyataannya, penyakit hipertensi saat ini juga bisa diderita oleh remaja atau orang-orang muda. Oleh sebab itu, mempelajari mengenai hipertensi memang sangat penting. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Pepatah itu bisa dijadikan pegangan untuk menjaga tubuh dari segala macam penyakit, termasuk hipertensi. Segala hal yang berhubungan dengan hipertensi yang dimaksud di atas, termasuk juga di dalamnya pengertian hipertensi menurut para ahli yang pastinya juga mengandung hal-hal yang bisa dipetik hikmahnya.

                Hipertensi atau dikenal juga dengan istilah penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang perlu untuk diwaspadai. Kelanjutan dari penyakit ini bisa menyebabkan stroke atau gangguan saraf lainnya. Penyakit yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia ini bisa memengaruhi kesehatan organ lain, seperti otak, jantung, otot jantung, dan organ-organ lainnya. Hipertensi adalah sebuah gangguan pada sistem peredaran darah yang bisa membuat tekanan darah menjadi naik di atas angka normal. Hipertensi juga bisa dimaknai sebagai kondisi tekanan darah pada pembuluh darah arteri yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan tekanan normal. Yang dimaksud dengan pembuluh arteri adalah pembuluh darah yang berfungsi memompa darah yang berasal dari jantung menuju seluruh organ dan jaringan tubuh. Tingkat kenormalan tekanan darah manusia adalah sekitar 120/70 mmHg. Ada juga beberapa ahli kesehatan yang mengatakan bahwa tekanan darah 130/80 mmHg masih dianggap normal dengan catatan pemiliknya tidak mengalami keluhan apapun.

2

                Selain memberikan batasan tekanan darah dikatakan tinggi atau rendah, beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai definisi hipertensi. Berikut ini adalah pengertian hipertensi menurut para ahli.

  • Menurut Kamus Kedokteran Dorland, hipertensi adalah tekanan darah arterial yang tetap tinggi, tidak memiliki sebab yang essential, idiopatic, atau primary hypertension.
  • Menurut Udjianti, hipertensi adalah peningkatan tekanan darah yang abnormal dalam pembuluh darah arteri secara terus-menerus dari suatu periode tertentu.
  • Menurut Ignatavicus, hipertensi adalah tekanan darah sistolik atau tekanan darah diastolic yang terjadi pada seseorang.

                Penderita penyakit apapun akan merasakan tanda-tanda atau gejala dari penyakit yang ia derita, begitu juga halnya dengan hipertensi. Bila Anda ingin mengetahui apakah Anda sedang menderita hipertensi atau tidak, mungkin tanda-tanda berikut ini bisa membantu untuk mengetahuinya. Penderita hipertensi biasanya merasakan hal-hal seperti pusing, merasakan kelelahan, mual dan muntah, sesak napas, sering merasa gelisah, dan penglihatan menjadi kabur karena kerusakan pada otak, mata, jantung, serta ginjal. Bila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, cobalah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

                Hipertensi tidak serta merta tiba-tiba hadir di tubuh dan mengganggu kesehatan kita. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penyakit ini. Hal-hal tersebut antara lain faktor keturunan, usia, pola makan, obesitas atau kelebihan berat badan, stress, makanan tidak sehat (kafein, rokok, dan alkohol), kurang berolahraga, dan kebiasaan diet tidak sehat. Demikian pembahasan mengenai pengertian hipertensi menurut para ahli. Semoga bermanfaat dan jagalah kesehatan dengan sebaik mungkin.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian corel draw , pengertian mysql , pengertian hipertensi , pengertian power point , pengertian basis data , pengertian kas , pengertian mouse , pengertian ftp , pengertian prestasi belajar , pengertian imunisasi , pengertian struktur organisasi

Related Posts