Pengertian Kemampuan Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna, manusia dibekali akal pikiran untuk menelaah dan mengkaji berbagai macam hal. Di dalam akal dan pikiran tersebut terselip sebuah anugerah lagi, yakni suatu kemampuan tertentu yang dimiliki sejak lahir. Kemampuan tersebut bisa berupa kemampuan fisik, kemampuan berpikir kritis, kemampuan dalam bertindak, dan berbagai macam kemampuan lainnya. Sebenarnya apa kemampuan itu? Apa pula pengertian kemampuan menurut para ahli adalah? Kemampuan yang dimiliki oleh setiap manusia tentunya berbeda. Perbedaan tersebut membuat manusia memiliki ciri khas yang tidak sama masing-masing individunya.

Kemampuan bisa juga disebut sebagai potensi. Kemampuan atau potensi yang ada di dalam diri setiap individu bisa dipelajari, dikembangkan, dan diasah agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Kemampuan berasal dari kata mampu yang bermakna kuasa, bisa, sanggup,  dapat, dalam melakukan sesuatu; kaya, berada, mempunyai harta berlebih. Secara umum pengertian kemampuan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah suatu kesanggupan dalam melakukan sesuatu. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan atau mampu bila ia bisa dan sanggup melakukan sesuatu yang memang harus dilakukannya. Pengertian lain menyebutkan bahwa kemampuan merupakan suatu kecakapan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan atau menguasai hal-hal baru yang ingin dikerjakannya dalam suatu pekerjaan dan hal tersebut bisa dilihat dari tindakan masing-masing individu.

55

Selain pengertian secara umum di atas, ada beberapa pakar yang mencoba mendefinisikan mengenai kemampuan. Dalam hal ini banyak pakar yang mengartikan kemampuan secara berbeda tergantung dari sudut pandangnya. Namun, perbedaan tersebut tidak terlalu jauh karena masih mengarah pada konteks yang sama. Berikut ini adalah pengertian kemampuan menurut para ahli.

  • Menurut Akhmat Sudrajat, kemampuan adalah kecakapan yang dimiliki setiap individu dalam melakukan suatu tindakan, kecakapan tersebut berbeda-beda dan memengaruhi potensi yang ada di dalam diri individu tersebut.
  • Menurut Anggiat M. Sinaga dan Sri Hadiati, kemampuan adalah keefektifan dan keefisienan seseorang dalam melaksanakan segala macam pekerjaan.
  • Menurut Chaplin, kemampuan adalah kekuatan untuk melakukan suatu perbuatan.
  • Menurut Robbin, kemampuan adalah suatu kapasitas yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan tugasnya sehingga bisa menjadi penilaian atau ukuran mengenai apa yang dilakukan oleh orang tersebut.
  • Menurut Mohammad Zain, kemampuan adalah potensi seseorang berupa kesanggupan, kecakapan, dan kekuatan seseorang dalam berusaha dengan dirinya sendiri.

Lebih lanjut dalam pengertian kemampuan menurut para ahli, Robin menyebutkan bahwa kemampuan bisa dibagi menjadi dua berdasarkan faktor yang membentuknya. Pertama adalah kemampuan intelektual, yakni kemampuan yang dibutuhkan seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas berpikir, bernalar, dan memecahkan masalah. Kedua adalah kemampuan fisik, yakni kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas yang menuntut stamina, keterampilan, kekuatan, dan karakteristik serupa. Kedua jenis kemampuan tersebut bisa dimiliki oleh seseorang secara seimbang atau bisa juga lebih menonjol salah satunya. Seseorang yang memiliki kemapuan intelektual yang bagus atau biasa dikatakan dengan pintar dan cerdas, biasanya cenderung kurang dalam kemampuan fisiknya, begitupun sebaliknya. Namun, tak sedikit pula orang yang memiliki dua kemampuan tersebut dan mampu menggunakannya secara bersamaan.

Related Posts