Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dalam ilmu seni dan desain komunikasi visual, dikenal sebuah istilah desain grafis. Istilah ini memiliki pengertian yang cukup luas dan beragam. Karena itulah pengertian desain grafis menurut para ahli juga berbeda-beda. Kita mulai pembahasannya dari asal istilahnya. Desain grafis terbentuk dari dua kata, yakni desain dan grafis. Desain dimaknai sebagai proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi, berdasarkan dua pengertian asal istilahnya, desain grafis bisa dimaknai sebagai kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto, dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang biasa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

1

                Ilmu desain grafis bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, yakni periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, lingkungan grafis, desain informasi, serta sebagai sarana untuk publikasi. Contoh aplikasi desain grafis yang terkenal dan sangat sering digunakan para desainer adalah CorelDraw dan Adobe Photoshop. Kedua aplikasi popular ini digunakan untuk merancang objek-objek grafis. Orang yang membuat desain grafis disebut dengan istilah desianer grafis. Seorang desainer grafis menggunakan kata dan gambar serta elemen-elemen grafis lainnya untuk berkomunikasi. Desainer grafis menjadi jembatan antara klien dengan pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat melalui media visual.

                Setelah mengetahui makna desain grafis bila dilihat dari asal katanya, berikut ini adalah pengertian desain grafis menurut para ahli.

  • Menurut Suyanto, desain grafis adalah aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
  • Menurut Danton Sihombing, desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
  • Menurut Jessica Helfand, desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
  • Menurut Warren, desain grafis adalah suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.
  • Menurut Blanchard, desain grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

                Berdasarkan pengertian desain grafis menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa desain grafis dapat dimaknai sebagai salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada perancang untuk memilih, menciptakan, atau mengatur ilustrasi, foto, tulisan, dan garis dengan tujuan untuk diproduksi dan dipublikasikan sebagai sebuah pesan kepada khalayak umum. Desain grafis yang dibuat bisa atas pesanan seorang klien ataupun inisiatif pribadi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian reformasi , pengertian desain grafis , pengertian metode pembelajaran , pengertian al quran , pengertian indikator , pengertian hotel , pengertian pengangguran , pengertian perencanaan , pengertian masalah , pengertian marketing , pengertian promosi

Related Posts