Pengertian Al-Quran Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sebagai umat muslim, Al-Quran menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan beragama. Al-Quran adalah kitab suci yang harus selalu dipegang sebagai pedoman hidup yang tida boleh dilupakan. Membaca, memahami, dan mengamalkan setiap ajaran di dalam Al-Quran adalah wajib hukumnya. Sebagai firman Allah SWT, Al-Quran menjadi penerang dalam setiap permasalahn yang dialami oleh manusia. Sesungguhnya apa itu Al-Quran? Bagaimana pula pengertian Al-Quran menurut para ahli? Hal tersebut juga penting untuk diketahui agar kita lebih bisa mencintai dan mengamalkan ajaran-ajaran di dalam Al-Quran.

                Secara bahasa, Al-Quran berasal dari bahasa Arab, yakni qarr-yaqrau-quraanan yang memiliki makna bacaan. Sedangkan bila dimaknai secara istilah, Al-Quran adalah kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara mutawatir dan membacanya adalah sebuah ibadah. Dari pengertian tersebut kita bisa mengetahui bahwa Al-Quran adalah firman Allah, bukanlah buatan manusia atau percetakan buku. Al-Quran bukanlah berasal dari pikiran makhluk apapun, bukan pula berupa syair atau filsafat manusia. Segala hal yang ada di dalam Al-Quran diturunkan Allah sebagai wahyu yang tak ternilai harganya. Fungsi Al-Quran adalah sebagai petunjuk dan sumber hidayah. Selain itu, Al-Quran juga berfungsi sebagai berita, hukum syariat, perjuangan di jalan Allah SWT, pendidikan, dan pastinya sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat sahih.

3

                Untuk lebih memahami mengenai Al-Quran, berikut ini adalah beberapa pengertian Al-Quran menurut para ahli. Definisi ini dikemukakan oleh beberapa ahli agama Islam.

  • Menurut Syekh Muhammad Khudri Beik, Al-Quran adalah firman ALLAH SWT yang berbahasa Arab, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dipahami isinya, disampaikan kepada kita secara mutawatir, ditulis dalam mushaf dimulai dengan Surah Al-Fatihah dan diakhiri Surah An-Nas.
  • Menurut Syekh Muhammad Abduh, Al-Kitab atau Al-Quran adalah bacaan yang telah tertulis dalam mushaf yang terjaga dalam hafalan-hafalan umat Islam.
  • Menurut Muhammad Abdul Azim az-Zarqani, Al-Quran adalah kitab yang menjadi mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, ditulis dalam mushaf dan disampaikan secara mutawatir.
  • Menurut beberapa ulama pengertian Al-Quran dari segi bahasa antara lain.
  • Al-Asy’ari, Al-Quran adalah menggabungkan sesuatu dengan yang lain, karena Al-Quran diambil dari kata “qarana”. Dan Al-Quran berarti demikian, karena surat-surat maupun ayat-ayat bahkan huruf-hurufnya saling beriringan dan bergabung satu dengan yang lain.
  • Al-Farra, Al-Quran adalah membenarkan, karena Al-Quran diambil dari kata “qarain” jamak dari “qaraniah. Dan firman Allah SWT disebut Al-Quran dengan arti yang demikian ayat-ayat dalam Al-Quran satu sama lain saling benar membenarkan.
  • Az-Zajjaj, Alquran artinya adalah mengumpulkan, karena Alquran berasal dari kaa “Qar’I” dan firman Allah disebut demikian, karena Alquran mengumpulkan surat-suratnya menjadi satu kesatuan, atau karena mengumpulkan saripati kitab-kitab suci Allah yang turun sebelumnya.

                Berdasarkan pengertian Al-Quran menurut para ahli di atas, banyak hal yang bisa kita dapatkaAl-Quran memiliki kedudukan sebagai sumber utama hukum Islam. Al-Qur’an merupakan dalil pokok dan merupakan jalan untuk mengetahui hukum-hukum ini. Al-Qur’an adalah firman Allah yang merupakan jalan pertama untuk mengetahui hukum-hukum-Nya. Al-Qur’an bukan hanya sekedar mengatur hubungan antara manusia dengan Allah SWT, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan manusia serta dengan lingkungannya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian reformasi , pengertian desain grafis , pengertian metode pembelajaran , pengertian al quran , pengertian indikator , pengertian hotel , pengertian pengangguran , pengertian perencanaan , pengertian masalah , pengertian marketing , pengertian promosi

Related Posts