Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian perencanaan menurut para ahli akan dibahas di sini. Perencanaan atau planning merupakan salah satu fungsi manajemen yang paling utama. Membicarakan mengenai manajemen, tak hanya yang berhubungan dengan bidang ilmu ekonomi, melainkan lebih luas dari itu. Manajemen di sini bisa mencakup manajemen waktu, manajemen pikiran, manajemen energi, dan sebagainya. Dalam setiap kegiatan, perencanaan merupakan langkah yang paling awal. Langkah-langkah yang lain akan menyususl setelah perencanaan ditetapkan. Secara umum, perencanaan adalah proses penentuan tujuan organisasi dan kemudian menyajikan dengan jelas sebuah strategi, metode, dan operasi atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

7

                Sebelum membahas mengenai pengertian perencanaan menurut para ahli, kita ketahui dulu konsepnya. Umumnya, sebuah perencanaan dimulai dengan enam pertanyaan mendasar, yakni what (apa), when (kapan), why (mengapa), where (di mana), who (siapa), dan how (bagaimana). Keenam pertanyaan mendasar tersebut biasa dikenal dengan istilah 5W 1H. Selain pertanyaan dasar tersebut, ada pula syarat-syarat yang diperlukan agar bisa membuat perencanaan yang baik. Syarat-syarat tersebut antara lain. (1) memiliki tujuan yang jelas. (2) bersifat sederhana sehingga tidak sulit dalam merealisasikannya. (3) memuat analisis terhadap pekerjaan yang dikerjakan. (4) fleksibel, dapat berubah sesuai perkembangan yang ada. (5) seimbang, antara tanggung jawab dan tujuan tiap bagian telah ditetapkan. (6) memiliki kesan bahwa segala sesuatu telah tersedia dan dapat digunakan secara efektif serta berdaya guna.

                Berikut ini adalah pengertian perencanaan menurut para ahli.

  • Menurut George R. Terry, perencanaan adalah pemilihan dan menghubungkan fakta-fakta, membuat serta menggunakan asumsi-asumsi yang berkaitan dengan masa datang dengan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan tertentu yang diyakini diperlukan untuk mencapai suatu hasil tertentu.
  • Menurut Henry Fayol, perencanaan merupakan pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan proyek, program, prosedur, metode, sistem anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
  • Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnel, perencanaan adalah fungsi seorang manajer yang berhubungan dengan memilih tujuan-tujuan, kebijakan-kebijakan, prosedur-prosedur, program-program dari alternatif-alternatif yang ada.
  • Menurut Drs. Ulbert Silalahi, M.A., perencanaan merupakan kegiatan menetapkan tujuan serta merumuskan dan mengatur pendayagunaan manusia, informasi, finansial, metode dan waktu untuk memaksimalisasikan efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan.
  • Menurut Abdulrachman, perencanaan adalah pemikiran rasional berdasarkan fakta-fakta dan atau perkiraan yang mendekat (estimate) sebagai persiapan untuk melaksanakan tindakan-tindakan kemudian.
  • Menurut Sondang P. Siagian, perencanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang daripada hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.
  • Menurut Prajudi Atmosudirdjo, perencanaan adalah perhitungan dan penentuan tentang sesuatu yang akan dijalankan dalam mencapai tujuan tertentu, oleh siapa, dan bagaimana.
  • Menurut Drs. H. Malayu S. P. Hasibuan, perencanan adalah sejumlah keputusan mengenai keinginan dan berisi pedoman pelaksanaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan itu.
  • Menurut Melville Brance, perencanaan adalah proses aktifitas berkelanjutan dan memutuskan apa yang dapat dilakukan dan diinginkan untuk masa depan serta bagaimana mencapainya.
  • Menurut Peter Hall, perencanaan adalah penyusunan rangkaian tindakan secara berurut yang mengarah pada pencapaian tujuan.
  • Menurut Faludi, perencanaan sebagai satu proses untuk menentukan tindakan yang berorientasi pada masa depan melalui serangkaian pikiran.
  • Menurut Waterson, perencanaan merupakan usaha sadar, terorganisir, dan terus menerus guna memilih alternatif untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Menurut Louis A. Allen, perencanaan adalah menentukan serangkaian tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  • Menurut Cuningham, perencanaan adalah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, fakta, imajinasi, dan asumsi untuk masa yang akan datang dengan tujuan memvisualisasi dan memformulasi hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang diperlukan, dan perilaku dalam batas-batas yang dapat diterima dan digunakan dalam penyelesaian.
  • Menurut Garth N. Jone, perencanaan adalah suatu proses pemilihan dan pengembangan dari pada tindakan yang paling baik untuk pencapaian tugas.
  • Menurut Kusmiadi, perencanaan adalah proses dasar yang kita gunakan untuk memilih tujuan-tujuan dan menguraikan bagaimana cara pencapaiannya.
  • Menurut Soekartawi, perencanaan adalah pemilihan alternatif atau pengalokasian berbagai sumber daya yang tersedia.
  • Menurut Deacon, perencanaan adalah upaya menyusun berbagai keputusan yang bersifat pokok, yang dipandang paling penting dan yang akan dilaksanakan menurut urutannya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Menurut Goetz, perencanaan adalah kemampuan memilih satu kemungkinan dari berbagai kemungkinan yang tersedia dan yang dipandang paling tepat untuk mencapai tujuan.
  • Menurut George Pickett & John J. Hanlon, perencanaan adalah proses menentukan bagaimana mencapai suatu tujuan begitu tujuan itu ditetapkan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian reformasi , pengertian desain grafis , pengertian metode pembelajaran , pengertian al quran , pengertian indikator , pengertian hotel , pengertian pengangguran , pengertian perencanaan , pengertian masalah , pengertian marketing , pengertian promosi

Related Posts