Pengertian Atmosfer Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mendengar kata atmosfer yang teringat di benak kita adalah langit dan ilmu geografi. Pembahasan mengenai atmosfer memang sudah tidak asing lagi. Sejak dini kita sudah diperkenalkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan atmosfer, apalagi saat ini atmosfer bumi mulai menipis dan banyak lubang karena dampak dari pemanasan global. Keadaan tersebut membuat atmosfer menjadi bahan perbincangan banyak ahli. Pengertian atmosfer menurut para ahli pun banyak dikaji untuk menyelamatkan lapisan langit tersebut.

                Atmosfer terbentuk dari unsur gas nitrogen dan oksigen. Bila diartikan, atmosfer adalah berupa lapisan udara yang menyelubungi sebuah planet, termasuk bumi.  Atmosfer sebenarnya berasal dari bahasa Yunani atmos yang bermakna uap air atau gas dan sphaira yang bermakna selimut. Atmosfer memiliki ketebalan kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi dan bermassa 59 x 1014 ton . Di planet bumi atmosfer terdapat mulai dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan bumi. Atmosfer mengikuti perputaran bumi (rotasi) dan berevolusi mengelilingi matahari. Atmosfer merupakan lapisan yang terdiri atas campuran berbagai gas yang tidak berwarna dan tentunya kasat mata.

5

                Pengertian atmosfer menurut para ahli bisa dilengkapi dengan bagian-bagian atmosfer. Atmosfer terbagi menjadi lima lapisan, yakni troposfer, stratosfer, mesosfer, thermosfer, dan eksosfer. Troposfer adalah lapisan yang paling rendah dengan ketinggian berkisar antara 0 – 10 km sehingga lapisan ini bersinggungan langsung dengan bumi dan memiliki kandungan massa udara terbesar. Stratosfer adalah lapisan dengan ketinggian antara 11 – 48 km dengan temperatur lebih dingin dan mengandung butir-butir sulfat berfungsi untuk membentuk hujan. Mesosfer adalah lapisan dengan ketinggian antara 49 – 80 km dengan kepadatan gas yang kurang dan temperatur semakin tinggi berfungsi untuk memantulkan gelombang radio ke bumi. Thermosfer adalah lapisan dengan keinggian 81 – 482 km dengan temperatur yang sangat tinggi dan merupakan tempat terjadinya ionisasi. Eksosfer adalah lapisan dengan ketinggian di atas 500 km dari permukaan bumi dengan gerakan molekul yang sangat cepat.

Lapisan-lapisan tersebut di atas tidak serta merta ditemukan begitu saja, melainkan harus diukur sesuai dengan ketinggiannya dan dengan alat ukur yang berbeda-beda. Pengukuran lapisan atmosfer antara permukaan bumi di ketinggian 30 km menggunakan radiosonde. Untuk lapisan atmosfer antara ketinggian 30 km dan 90 km pengukuran dilakukan dengan menggunakan roket, sedangkan di atas ketinggian 90 km menggunakan satelit. Sehingga hasil yang didapat sangat akurat karena alat yang digunakan menyesuaikan dengan ketinggian dan keadaan bagian-bagian atmosfer tersebut.

Selain pengertian atmosfer menurut para ahli, manfaat atmosfer juga perlu untuk dipelajari. Tanpa adanya atmosfer, bumi kita bisa menjadi objek berbahaya karena berbagai serangan dari luar angkasa. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah manfaat-manfaat atmosfer.

  • Menyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari.
  • Mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam.
  • Melindungi dari batu meteor atau benda luar angkasa lainnya yang jatuh ke bumi.
  • Mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi
  • Menyediakan okisgen dan karbon dioksida.
  • Sebagai wahana komunikasi.
  • Sebagai pengubah cuaca dan iklimdi bumi.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian kebutuhan , pengertian cpu , pengertian akomodasi , pengertian neraca , pengertian bahasa indonesia , pengertian atmosfer , pengertian resistor , pengertian prosedur , pengertian listrik , pengertian hutan , pengertian motivasi belajar

Related Posts