Pengertian Motivasi Belajar Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mempelajari sesuatu tidak hanya butuh niat yang kuat, tetapi juga motivasi yang bisa membantu prosesnya tetap stabil dan tidak berhenti di tengah jalan. Untuk itulah motivasi belajar menjadi hal yang penting dalam mempelajari hal baru. Motivasi belajar memang sangat diperlukan dalam bidang pendidikan. Guru harus bisa memberikan motivasi belajar kepada siswanya agar lebih bersemangat dalam menerima pelajaran. Keluarga dan lingkungan sekitar juga bisa menjadi motivasi belajar bagi siswa tersebut. Pengertian motivasi belajar menurut para ahli sangatlah beragam dan luas. Banyak pakar pendidikan mencoba untuk menjabarkan mengenai motivasi belajar agar dalam realisasinya bisa berjalan dengan baik.

                Istilah motivasi terbentuk dari kata motif yang bermakna daya penggerak yang telah menjadi aktif. Dari asal kata itulah istilah motivasi terbentuk dan digabungkan dengan kata belajar sehingga tercipta frasa motivasi belajar. Secara umum, tujuan motivasi adalah untuk menggerakkan atau menggungah seseorang agar muncul keinginan untuk melakukan sesuatu sehingga mendapatkan hasil atau tujuan tertentu. Tentunya dalam hal ini motivasi belajar yang dimaksud berkaitan erat dengan tujuan belajar itu sendiri sehingga motivasi memiliki fungsi sebagai (1) pendorong untuk berbuat sesuatu, (2) penentu arah pembelajaran, dan (3) penyeleksi kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, motivasi sangat diperlukan dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan lebih cepat.

10

                Motivasi belajar adalah suatu keadaan pada diri seseorang dimana ada suatu dorongan atau kemauan untuk melakukan sesuatu agar mencapai suatu tujuan. Berikut ini adalah pengertian motivasi belajar menurut para ahli.

  • Menurut Sartain, motivasi adalah suatu pernyataan yang kompleks dalam suatu organisme yang mengarahkan tingkah laku terhadap suatu tujuan atau perangsang dengan tujuan menentukan tingkah laku organisme tersebut.
  • Menurut Dalyono, motivasi adalah daya pendorong untuk melakukan suatu pekerjaan yang berasal dari dalam dan luar dirinya.
  • Menurut Mc Donald, motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.
  • Menurut Sardiman, motivasi belajar adalah serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi tertentu sehingga seseorang mau melakukan sesuatu.
  • Menurut Morgan, belajar adalah perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
  • Menurut M. Surya, belajar adalah proses yang dilakukan individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku yang baru sebagai hasil dari pengalaman dalam interaksinya dengan lingkungan.
  • Menurut Thomas L. Good dan Jere B. Braphy, motivasi adalah suatu energi penggerak yang dapat memperkuat seseorang untuk bertingkah laku.

                Dari pengertian motivasi belajar menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak, baik dari dalam maupun luar individu, dengan menciptakan serangkaian usaha yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Motivasi belajar yang kuat akan semakin mendorong individu untuk melakukan yang terbaik agar tujuannya bisa tercapai. Motivasi dalam kegiatan belajar mengajar tak akan pernah kehilangan alasan untuk tetap dipertahankan karena menjadi salah satu pendorong positif agar tujuan pembelajaran tercapai.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian motivasi belajar , pengertian asean , pengertian pemimpin , pengertian usaha , pengertian scanner , pengertian filsafat ilmu , pengertian emosi , pengertian liberalisme , pengertian lemak , pengertian strategi pembelajaran , pengertian tenaga kerja , pengertian biosfer

 

Related Posts