Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pernahkah Anda mendengar istilah biosfer? Bagaimana dengan pengertian biosfer menurut para ahli, apakah pernah mendengarnya juga? Istilah biosfer bisa kita temukan dalam bidang ilmu Geografi yang merupakan ilmu mengenai bumi dan isinya. Kata biosfer berasal dari kata bio yang bermakna hidup dan spere bermakna lapisan.  Bila digabungkan secara istilah, biosfer bisa diartikan sebagai lapisan tempat tinggal dengan lingkungannya yang berkedudukan sebagai satu kesatuan yang utuh. Biosfer dianggap sebagai sebuah sistem, termasuk di dalamnya makhluk hidup, yang saling berinteraksi. Manusia, hewan, dan tumbuhan adalah organisme yang dapat hidup karena terdapat tempat untuk hidup. Tempat tersebut mampu menyediakan semua kebutuhan untuk kelangsungan hidup mereka. Nah, tempat hidup tersebut yang dimaksud dengan biosfer.

11

                Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa pengertian biosfer menurut para ahli yang bisa dijadikan bahan pembelajaran.

  • Menurut Jhon Wiley, biosfer adalah wilayah di bumi tempat kehidupan terjadi secara alami, diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah.
  • Menurut Eduard Suess, biosfer adalah tempat di permukaan bumi dimana kehidupan berdiam.
  • Menurut Michael Allaby, biosfer adalah salah satu bagian dari lingkungan hidup yang ditemukan dan organisme berinteraksi membentuk sistem kelompok yang stabil dan efektif untuk keseluruhan ekosistem di sebuah planet, dalam hal ini adalah bumi.
  • Menurut James Lovelock, biosfer adalah sebuah organisme hidup yang disebut sebagai hipotesa Gaia. Hipotesa Gaia sendiri dibutuhkan untuk menjelaskan mengenai cara faktor biotik dan abiotik berinteraksi dalam lingkungannya.

                Dari pengertian di atas kita bisa menyimpulkan bahwa biosfer bisa disebut sebagai bagian dari bumi dan atmosfernya tempat organisme melangsungkan kehidupannya. Singkat kata, di tempat bernama biosferlah inilah satu-satunya kehidupan di bumi bisa ditemukan. Sebenarnya, tempat makhluk hidup tinggal ada di tiga lapisan utama bumi, yakni litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Karena kehidupan tidak hanya ada di permukaan bumi saja, melainkan juga ada di tanah, air dan udara.

Dalam kehidupan di bumi juga terdapat jenjang atau tingkatan organisasi makhluk hidup. Tingkatan tersebut adalah individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan biom. Individu adalah organisme tunggal atau sendirian yang termasuk dalam suatu spesies tertentu. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang hidup pada sebuah wilayah dan waktu tertentu. Komunitas adalah kumpulan berbagai populasi pada kawasan tertentu, mereka saling berinteraksi dan memengaruhi antara satu sama lain. Ekosistem adalah kumpulan dari komunitas berbeda, memiliki ciri berbeda pula, dan mempunyai hubungan yang saling memengaruhi. Biom adalah beberapa ekosistem pada suatu wilayah dengan iklim dan kondisi yang sama.

Sebagai bagian dari atmosfer yang terletak paling bawah dan sebagai tempat tinggal manusia, biosfer memang menjadi materi penelitian yang menarik bagi banyak ilmuwan. Itu sebabnya penelitian mengenai biosfer tak pernah berhenti dilakukan, mengingat keadaan di bumi semakin berubah cepat dalam beberapa tahun terakhir. Pengertian biosfer menurut para ahli di atas merupakan salah satu dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan. Semoga hasil dari penelitian selanjutnya bisa semakin memperluas wawasan masyarakat mengenai biosfer dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian biosfer , pengertian pencemaran lingkungan , pengertian hukum islam , pengertian gizi , pengertian dongeng , pengertian desa , pengertian k3 , pengertian hikayat , pengertian grafik , pengertian program aplikasi , pengertian bencana alam

 

Related Posts