Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sebagai salah satu jenis karya sastra, dongeng selalu identik dengan cerita untuk anak-anak yang diilustrasikan dengan gambar-gambar kartun di setiap halamannya. Sebenarnya apa dongeng itu? Demikian juga dengan apa pengertian dongeng menurut para ahli? Dilihat dari sejarahnya, dongeng merupakan warisan nenek moyang yang harus terus dilestarikan keberadaannya. Meski saat ini sudah tak banyak anak-anak yang memahami mengenai dongeng, tetap haruslah dijaga keberadaannya sebagai harta sastra yang berharga. Dengan dongeng, anak bisa berimajinasi secara bebas dan luas tanpa dibatasi oleh campur tangan orang dewasa. Dongeng juga bisa membuat anak lebih cepat belajar sastra.

                Dongeng adalah salah satu karya sastra berbentuk prosa yang berisi cerita pendek mengenai hal-hal yang tidak benar-benar terjadi dan dibuat sebagai bacaan hiburan semata. Cerita dongeng biasanya berupa petualangan yang penuh dengan imajinasi dan seringkali tidak masuk akal karena menampilkan tokoh dan suasana cerita yang terkesan gaib. Hal tersebut menjadikan dongeng sebagai cerita yang sangat menarik dan tidak lekang oleh waktu. Dibaca kapanpun dan dimanapun dongeng tetap menarik dan membuat pembacanya tidak bosan. Itu sebabnya membuat dongeng bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan imajinasi yang tinggi bila dibandingkan dengan menulis karya sastra lain yang sejenis.

4

                Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa pengertian dongeng menurut para ahli.

  • Menurut Bascom, dongeng adalah salah satu jenis prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi dan tidak terikat dengan waktu atau tempat.
  • Menurut James Danandjaja, dongeng adalah cerita pendek atau cerita prosa rakyat yang dianggap tidak benar benar terjadi dan biasanya disampaikan secara lisan.
  • Menurut Agus Triyanto, dongeng adalah cerita fantasi sederhana yang berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral dan juga menghibur. Jadi, dongeng merupakan salah satu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar terjadi/fiktif.
  • Menurut Liberatus Tengsoe, dongeng adalah cerita khayal yang kebenarannya sulit dipercaya karena disajikan hal-hal ajaib, aneh, dan tidak masuk akal.
  • Menurut Kamisa, dongeng adalah cerita yang dituturkan atau dituliskan untuk hiburan dan biasanya tidak benar-benar terjadi dalam kehidupan. Selain itu, dongeng merupakan salah satu bentuk karya sastra yang ceritanya fiktif dan bersifat menghibur, tetapi ada ajaran moral yang terkandung di dalamnya.
  • Menurut Nurgiantoro, dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi dan sering tidak masuk akal.
  • Menurut Charles Perrault, dongeng adalah cerita pendek mengenai petualangan khayal dengan situasi dan tokoh-tokoh yang gaib dan luar biasa.

                Dari pengertian dongeng menurut para ahli di atas, bisa didapatkan ciri-ciri dongeng. Adapun ciri-ciri tersebut adalah (1) penyebarannya dilakukan secara lisan dari geenrasi satu ke genarasi selanjutnya, (2) bersifat anonim atau tidak diketahui pengarangnya secara jelas, (3) ceritanya klise atau bersifat tradisional, (4) berfungsi sebagai cerita hiburan, (5) bersifat pralogis, yakni tidak sesuai dengan logika, (6) menjadi milik bersama karena bersifat anonim, dan (7) bersifat polos dan lugu karena dibuat dengan spontan. Ketujuh ciri-ciri tersebut semakin menekankan bahwa dongeng merupakan karya sastra yang memang diperuntukkan bagi anak-anak karena bisa berisi pelajaran hidup yang ringan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian biosfer , pengertian pencemaran lingkungan , pengertian hukum islam , pengertian gizi , pengertian dongeng , pengertian desa , pengertian k3 , pengertian hikayat , pengertian grafik , pengertian program aplikasi , pengertian bencana alam

Related Posts