Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Bencana alam menjadi salah satu peristiwa yang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya dan tentunya sangat tidak diharapkan oleh semua makhluk hidup. Sebenarnya apa itu bencana alam? Apa pula pengertian bencana alam menurut para ahli? Bencana alam terbentuk dari kata bencana dan alam. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bencana adalah sesuatu yang menimbulkan kerugian, kesusahan, atau penderitaan. Jadi, bencana alam secara sederhana bisa diartikan sebagai sesuatu yang disebabkan oleh alam dan menimbulkan hal yang merugikan, menyusahkan, dan membuat siapapin menderita karenanya. Faktor alam yang dimaksud jelas sangat beragam, bisa berasal dari laut, angin, gunung, dan lainnya.

10

                Beberapa pengertian bencana alam menurut para ahli bisa melengkapi definisi secara sederhana di atas. Berikut ini adalah definisi-definisi yang dimaksud.

  • Menurut Heru Sri Haryanto, bencana adalah kerusakan pada pola kehidupan normal yang merugikan manusia, struktur sosial, dan mengakibatkan munculnya kebutuhan masyarakat.
  • Menurut UU No. 24 Tahun 2007, bencana adalah rangkaian peristiwa yang mengganggu kehidupan masyarakat, bisa disebabkan oleh faktor alam atau faktor non alam sehinga enimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta, dan dampak pada psikologis korbannya.
  • Menurut Asian Disaster Reduction Center, bencana adalah gangguan serius pada masyarakat yang bisa menyebabkan kerugian secara meluas dab dirasakan oleh semua lapisan masyarakat dan lingkungan, dan untuk mengatasinya dibutuhkan kemampuan yang melebihi kemampuan manusia.
  • Menurut WHO, bencana adalah kejadian yang mengakibatkan kerusakan, gangguan ekologis, kematian, atau memburuknya kesehatan yang memerlukan respon dari masyarakat luar.
  • Menurut Coburn, bencana adalah serangkaian kejadian yang mampu meningkatkan jumlah korban jiwa atau kerusakan dan kerugian harta benda, infrastruktur, serta pelayanan penting pada skala di luar kapasitas normal.
  • Menurut Depkes RI, bencana adalah kejadian pada suatu wilayah yang menyebabkan kerusakan ekologi, kerugian manusia, dan memburuknya kesehatan dan pelayanan kesehatan sehingga memerlukan bantuan dari phak luar.
  • Menurut UNDP (United Nations Development Program), bencana adalah gangguan serius dari tatanan masyarakat yang mengakibatkan kerugian besar pada manusia, lingkungan, dan tidak mudah untuk ditanggulangi dengan hanya menggunakan sumber daya masyarakat itu sendiri.
  • Menurut Parker, bencana adalah kejadian yang tidak biasa, bisa disebabkan oleh alam ,ulah manusia, maupun teknologi ang memicu respon dari masyarakat, komunitas, dan individu.

                Pengertian bencana alam menurut para ahli di atas telah memberikan gambaran yang lengkap dan menyeluruh. Selanjutnya, bencana alam bisa diklasifikasikan berdasarkan penyebabnya menjadi tiga macam, yakni bencana alam geologis, bencana alam klimatologis, dan bencana alam ekstra-terestrial. Bencana alam geologis adalah bencana alam yang disebabkan oleh hal-hal yang berasal dari dalam bumi, seperti gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami. Bencana alam klimatologis adalah bencana alam yang disebabkan oleh angin dan hujan, seperti badai, anghin topan, tornado, putting beliung, dan lain-lain. Sedangkan bencana alam ekstra-terestrial adalah bencana alam yang terjadi di luar planet bumi atau di luar angkasa, misalnya tabrakan meteor, hujan metero, dan sebagainya. Namun, kejadian di luar angkasa tersebut bisa menimbulkan dampak pada kehidupan makhluk hidup di bumi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian bencana alam , pengertian bandwidth , pengertian modernisasi , pengertian silabus , pengertian pelayanan publik dan prima , pengertian manajemen keuangan , pengertian seminar , pengertian perjanjian internasional , pengertian desain produk , pengertian biografi , pengertian corel draw

 

Related Posts