Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sampai saat ini istilah modernisasi masih seringkali digunakan oleh masyarakat dalam berbagai konteks percakapan. Pengertian modernisasi menurut para ahli juga ikut memiliki andil dalam pemahaman masyarakat mengenai konsep modernisasi. Istilah ini pertama kali muncul dan banyak digunakan setelah perang dunia kedua. Sebuah zaman dikatakan masuk dalam kategori modern apabila sudah ada penemuan-penemuan teknologi yang bisa mempermudah pekerjaan manusia, bisa berupa mesin, pengobatan, sistem telekomunikasi, dan sebagainya. kemampuan manusia dalam menyibak rahasia alam juga bisa dijadikan dasar konsep modernisasi, misalnya saja penemuan berbagai bahan yang didapat dari alam kemudian diolah obat-obatan yang maju untuk menyembuhkan penyakit-penyakit berbahaya.

Istilah modernisasi memang telah lama digunakan oleh masyarakat. Istilah ini terbentuk dari kata dasar modern dan imbuhan –isasi yang bisa dimaknai sebagai paham, proses, atau sifat. Kata modern sendiri berasal dari bahasa Latin modernus yang dibentuk dari kata modo bermakna akhir-akhir ini dan ernus bermakna periode waktu masa kini. Sehingga modernisasi diartikan sebagai sebuah proses berupa perubahan-perubahan menuju ke arah masa kini. Selain itu, modernisasi juga bisa didefinisikan proses transformasi atau perubahan ke arah yang lebih maju, dari tradisional ke pra modern kemudian menjadi modern, dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Perubahan yang dimaksud bisa berupa perubahan dalam segi sosial yang terarah dan terencana dimana masyarakat atau negara menjadi lebih berkembang. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi makhluk sosial yang lebih baik.

2

Untuk lebih memperjelas konsep dan pengertian mengenai modernisasi, berikut ini ada beberapa paparan yang dikemukakan oleh para ahli tentang pengertian modernisasi. Pengertian modernisasi menurut para ahli ini muncul sebagai rujukan tambahan.

  • Menurut Widjojo Nitisastro, modernisasi adalah transformasi atau perubahan total dari kehidupan tradisional dan organisasi sosial menuju ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
  • Menurut Astrid S. Susanto, modernisasi adalah sebuah kesempatan dalam proses pembangunan yang diberikan oleh perubahan demi kemajuan.
  • Menurut Alex Thio, modernisasi adalah salah satu bentuk perubahan sosial yang dulunya masyarakat pertanian berubah menjadi masyarakat industri.
  • Menurut Harold Rosenberg, modernisasi adalah sebuah tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu masyarakat.
  • Menurut Koentjaraningrat, modernisasi adalah usaha manusia untuk hidup sesuai dengan zamannya dan konstelasi dunia masa kini.
  • Menurut Wilbert E. Moore, modernisasi adalah reformasi total kehidupan tradisional dan organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menandai negara barat yang stabil.
  • Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial terarah yang didasarkan pada perencanaan yang di sebut perencanaan sosial atau social planning.

Pengertian modernisasi menurut para ahli di atas bisa diwujudkan oleh masyarakat bila memenuhi beberapa syarat dalam prosesnya. Syarat-syarat tersebut adalah (1) sistem administrasi negara yang baik, (2) pola pikir ilmiah, (3) sentralisasi wewenang, (4) penciptaan iklim menyenangkan di masyarakat, (5) sistem pengumpulan data yang baik, dan (6) disiplin diri yang tinggi. Keenam syarat tersebut haris dipenuhi terlebih dahulu oleh masyarakat agar bisa berubah menjadi masyarakat modern yang sukses menjalani modernisasi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian bencana alam , pengertian bandwidth , pengertian modernisasi , pengertian silabus , pengertian pelayanan publik dan prima , pengertian manajemen keuangan , pengertian seminar , pengertian perjanjian internasional , pengertian desain produk , pengertian biografi , pengertian corel draw

Related Posts