Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Anda pasti sering sekali mendengar kata “masyarakat”. Di dalam ehidupan sehari-hari,, anda pun juga pasti sering menyatakan diri anda sebagai bagian dari anggota masyarakat. Namun, tahukah anda apa sebenarnya yang dimaksud dengan kata “masyarakat”? Bagaimana pengertian masyarakat menurut para ahli?

Secara umum masyarakat didefinisikan sebagai sekumpulan manusia yang hidup bersama dan saling mempengaruhi serta bekerja sama untuk memperoleh kepentingan bersama. Namun, beberapa ahli telah memberikan pendapatnya mengenai definisi tentang masyarakat. Berikut ini merupakan paparan dari beberapa pengertian masyarakat menurut para ahli.

Menurut Peter L. Berger, masyarakat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan yang kompleks diantara hubungan manusia yang sifatnya luas. Menurutnya, kompleks di sini diartikan bahwa keseluruhan itu terdiri atas bagian-bagian yang membentuk suatu kesatuan. Dari penjelasan Berger tersebut, kita dapat memahami bahwa masyarakat merupakan organisasi besar yang terdiri beberapa lapisan dan bersifat sangat kompleks.

6

Pengertian masyarakat menurut para ahli berikutnya datang dari Karl Marx. Menurutnya, masyarakat merupakan seluruh hubungan ekonomis baik konsumsi maupun produksi dan berasal dari kekuatan-kekuatan produksi ekonomis yakni teknik dan karya. Pengertian yang disampaikan oleh Karl Marx ini memandang masyarakat melalui sudut pandang manusia sebagai makhluk ekonomis.

Dari sudut pandang yang berbeda, J.L. Gillin dan J.P. Gillin memandang masyarakat sebagai sekelompok manusia yang memiliki kebiasaan, tradisi, sikap dan perasaan persatuan yang diikat oleh kesamaan. Pengertian ini mengacu pada pemahaman bahwa setiap kelompok masyarakat memiliki kebiasaan, tradisi, dan cara bersikap yang berbeda.

Berikutnya, ada juga pengertian yang berasal dari Harold J. Razki. Secara sederhana, Razki menggambarkan masyarakat sebagai suatu kelompok manusia yang hidup bekerjasama untuk mencapai keinginan bersama. Itulah mengapa bila ada seseorang yang jarang bergaul dengan orang orang di masyarakatnya atau dengan kata lain dapat dikatakan tidak mampu bekerja sama dengan masyarakatnya orang itu akan disebut sebagai orang yang tidak bermasyarakat.

Pengertian berikutnya disampaikan oleh Robert Maciver yang mendefinisikan masyarakat sebagai suatu sistim hubungan-hubungan yang ditertibkan. Hal ini senada dengan pengertian masyarakat yang disampaikan oleh M.J.Herskovits yang mengatakan bahwa masyarakat merupakan kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti cara hidup tertetu. Tentu saja setiap individu memiliki kepentingannya masing-masing. Sehingga, kita satu orang dengan orang lainnya berhubungan atau hidup bersama, tentu saja akan terjadi tarik ulur kepentingan. Maka, haruslah ada cara hidup tertentu yang berlaku.  Dalam hal inilah diperlukan adanya proses penertiban agar kepentigan bersama dapat terlindungi dan masyarakat dapat terbentuk dengan harmonis. Inilah porsi di mana fungsi pemerintahaan diperlukan.

Demikian merupakan paparan dari beberapa pengertian masyarakat menurut para ahli. Dari beberapa pengertian tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa masyarakat pada hakikatnya merupakan kumpulan dari kelompok – kelompok manusia yang hidup bersama untuk kepentingan bersama dengan cara hidup tertentu yang memiliki ciri, kebiasaan dan budaya  tertentu. Jadi, meskipun dalam pembentukannya masyarakat didasarkan pada kesamaan dan kepentingan yang sama, namun perbedaan di dalam kehidupan bersama antara individu-individu yang majemuk tidaklah mungkin dapat dihindarkan. Maka sikap toleransi dan rasa saling menghormati menjadi penting dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian belajar , pengertian administrasi , pengertian sistem informasi , pengertian teknologi , pengertian bahasa , pengertian html , pengertian database , pengertian masyarakat  , pengertian lingkungan

Related Posts