Pengertian Gateway Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Gateway Menurut Para Ahli adalah – Pernahkah Anda mendengar istilah gateway? Dimana dan dalam bidang ilmu apa Anda pernah mendengarnya? Kedua pertanyaan di atas menjadi kunci dalam mencari pengertian gateway menurut para ahli karena dikemukakan oleh pakar dalam suatu bidang tertentu. Istilah gateway mungkin bukan lagi istilah asing di zaman yang semuanya berjalan serba canggih ini. Tak sedikit orang yang sudah mulai menggunakannya, meski terkadang mereka tidak bisa menjelaskan saat ditanya apa itu gateway? Kebanyakan dari mereka hanya bisa mengoperasikan atau menjadi salah satu anggotanya tanpa mereka pahami konsep dan definisi dari gateway sebenarnya.

Jika merujuk dari asal istilahnya, gateway berasal dari bahasa Inggris yang bermakna pintu gerbang. Jelas sekali yang dimaksud gateway dalam pembahasan kali ini bukan pintu gerbang secara harfiah. Gateway merupakan salah satu istilah dalam bidang teknologi dan informasi. Gateway diartikan sebagai sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung ke dalam sebuah network. Gateway juga diartikan sebagai suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang memakai protokol komunikasi yang tidak sama sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa dibagikan ke jaringan komputer lain yang berbeda protokol. Pengertian gateway tersebut merujuk pada suatu aplikasi yang menjembatani dua buah aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel sehingga data bisa dtransfer antarkomputer.

4

Pengertian gateway menurut para ahli juga tidak jauh berbeda dengan beberapa pengertian di atas. Dalam dunia komputer, gateway memang dikenal sebagai sebuah jembatan yang menghubungkan suatu sistem dengan sistem lainnya yang berbeda sehingga bisa terjadi suatu pertukaran data antarsistem tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih di bidang telekomunikasi, muncullah istilah SMS gateway. Apa itu SMS gateway? SMS gateway adalah suatu jembatan penghubung untuk lalu lintas data berupa SMS (Short Message Service) kepada banyak orang, baik yang dikirmkan maupun yang diterima. Awalnya SMS gateway digunakan untuk menghubungkan antar SMSC. Namun, dalam perkembangannya teknologi komunikasi ini tak lagi dimaksudkan untuk hal tersebut saja. Kebanyak orang lebih menganggap SMS gateway sebagai suatu penghubung perangkat komunikasi (handphone) dengan komputer yang membuat SMS bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan dan masal.

Sejalan dengan pengertian gateway menurut para ahli, dalam penggunaan sebuah program atau aplikasi pasti terdapat keuntungan dan kerugiannya, begitu pula dengan gateway. Keuntungan dan kerugian dalam penggunaan gateway adalah sebagai berikut.

Keuntungan penggunaan gateway

  1. Resource Sharing, yakni dapat memakai sumber daya yang ada secara bersamaan.
  2. Mendapatkan reliabilitas tinggi karena memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.
  3. Menghemat biaya karena memiliki rasio harga yang lebih baik bila dibandingkan dengan komputer yang besar.
  4. Menjamin keamanan dan pengaturan data-data penting dalam lingkungan bisnis.
  5. Kestabilan dan peningkatan performa komputerisasi dari aplikasi bisnis dengan cara penugasan komputerisasi yang didistribusikan kepada beberapa komputer yang ada dalam jaringan.

Kerugian penggunaan gateway

  1. Pembangunan jaringan awal membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
  2. Manajemen perangkat keras dan administrasi sistem.
  3. Sharing file yang tidak diinginkan.
  4. Ancaman aplikasi virus dan metode hacking.

Related Posts