Pengertian Rumah Sakit Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Rumah Sakit Menurut Para Ahli adalah – Rumah sakit menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Mendengar istilahnya saja membuat orang tidak ingin dan tidak berharap akan mengunjunginya. Namun, tak sedikit pula orang yang menggantungkan hidupnya dari beberapa pekerjaan di rumah sakit. Bahkan, pekerjaan yang sampai saat ini paling diminati di Indonesia berada di rumah sakit, yakni menjadi seorang dokter. Mungkin bagi Anda yang terlanjur menganggap rumah sakit sebagai hal yang menakutkan belum memahami benar mengenai konsep dan definisi dari rumah sakit. Pengertian rumah sakit menurut para ahli yang akan dibahas dalam ulasan kali ini akan membantu Anda dalam mempelajari berbagai hal yang berkenaan dengan tempat yang satu ini. Tak semua yang berhubungan dengan rumah sakit adalah hal yang tidak menyenangkan.

Dari pembentukan istilahnya, rumah sakit bisa dimaknai secara harfiah sebagai rumah bagi orang-orang yang sakit. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), rumah sakit adalah gedung tempat merawat orang sakit; gedung tempat menyediakan dan memberikan pelayanan kesehatan yang meliputi berbagai macam masalah kesehatan. Secara umum, rumah sakit bisa diartikan sebagai suatu tempat atau organisasi yang melalui tenaga medis profesional yang terorganisasi serta sarana kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayanan kesehatan, asuhan keperawatan yang berkesinambungan, diagnosis, serta pengobatan penyakit yang diderita oleh pasien. Jadi, rumah sakit tidak hanya berupa tempat untuk orang sakit, melainkan juga bisa disebut sebagai tempat untuk bersekolah keperawatan dan praktikum sekolah kedokteran.

5

Untuk lebih menegaskan mengenai definisi rumah sakit, berikut ini ada beberapa pengertian rumah sakit menurut para ahli yang tak hanya diungkapkan oleh pakar, tetapi juga oleh beberapa organisasi kesehatan.

  • Menurut Wolper dan Pena, rumah sakit adalah tempat dimana orang yang sakit mencari dan menerima pelayanan kedokteran serta tempat dimana pendidikan klinik untuk mahasiswa kedokteran, perawat, dan berbagai tenaga profesi kesehatan lainnya diselenggarakan.
  • Menurut UU No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara pripurna dan menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.
  • Menurut Association of Hospital Care, rumah sakit adalah pusat pelayanan kesehatan masyarakat, pendidikan, serta penelitian kedokteran diselenggarakan.
  • Menurut WHO (World Health Organization), rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna, penyembuhan penyakit, dan pencegahan penyakit pada masyarakat. Juga bisa digunakan sebagai pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medis.
  • Menurut Wikipedia, rumah sakit adalah sebuah institusi perawatan kesehatan profesional yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat, dan tenaga ahli kesehatan lainnya.

Dalam pengertian rumah sakit menurut para ahli yang disampaikan oleh Azwar, ada beberapa kriteria rumah sakit ditinjau dari kemampuan pasiennya dibagi menjadi lima, yakni rumah sakit tipe A yang memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis secara luas. Tipe B memberikan pelayanan kedokteran spesialis luas dan subspesialis terbatas. Tipe C memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas. Tipe D bersifat transisi karena bisa ditingkatkan menjadi tipe C. Tipe E menyelenggarakan sutau pelayanan kedokteran saja, misal rumah sakit paru.

Related Posts