Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

     Di dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu berinteraksi dengan manusia lainnya. Hakikat manusia sebagai makhluk sosial menyebabkan mereka tidak dapat hidup sendiri saja. Di dalam interaksinya, manusia memerlukan alat yang disebut bahasa untuk memahami maksud satu sama lain. Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan bahasa? Bagaimanakah pengertian bahasa menurut para ahli? Apakah kicauan burung- burung juga dapat disebut sebagai bahasa sesama mereka? Bagaimana juga dengan bahasa isyarat? Berikut, kami paparkan beberapa pengertian bahasa menurut para ahli.

Wibowo (2001:3) mengatakan bahwa bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi  (yang dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvesional yang berfungsi sebagai alat komunikasi untuk melahirkan perasaan dan pikiran. Disebut arbitrer karena sebenarnya tidak ada hubungan tertentu antara kata yang diberikan dengan apa yang dimaksudkan. Misalkan sejak dulu manusia-manusia  di lingkungan tertentu menyepakati bahwa daun disebut sebagai “kursi” dan mata dengan kata “teliga” maka sudah pasti semua orang di lingkungan tersebut menyebut daun dengan kata “kursi” dan merujuk mata dengan kata “telinga”. Kesepakatan-kesepakan itu dibentuk secara natural. Artinya, hal tersebut tidak disepakati melalui sebuah diskusi kusus ataupun sebuah sidang besar yang memerlukan ketok palu. Namun, kesepakatan itu terjadi begitu saja secara alami seiring waktu. Itulah mengapa bahasa disebut bersifat konvensional. Pengertian bahasa menurut para ahli dari yang satu ini merupakan salah satu yang paling sering dijadikan rujukan.

2

Pengertian bahasa menurut para ahli berikutnya berasal dari Gorys Keraf. Keraf (1997:1) mendefinisian bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang berasal dari alat ucap manusia. Jadi, jika kita mengacu pada definisi ini, ditambah dari definisi sebelumnya maka kicauan- kicauan burung yang saling bersaut-sautan yang sering kita dengar tidaklah termasuk bahasa karena bunyi yang keluar tidaklah berasal dari alat ucap manusia.

Berbeda dengan pengertian bahasa menurut para ahli lainnya,  Sunaryo (2000:6) mendefinisikan bahasa dari sudut pandang budaya. Menurutnya, bahasa di dalam struktur budaya memiliki kedudukan, fungsi dan peran ganda yaitu sebagai akar dan produk budaya serta sebagai sarana berfikir dan sarana pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Jadi, bahasa merupakan alat perkembangan budaya sekaligus produk dari budaya itu sendiri. Budaya berkembang melalui bahasa, sedangkan bahasa mrupakan hasil dari perkembangan budaya itu sendiri. Sehingga budaya dan bahasa adalah dua hal yang tdak dapat dipisahkan. Itulah mengapa, ketika seseorang sedang belajar bahasa asing, maka ia juga harus mempelajari budaya yang berlaku di dalamnya.

Pengertian bahasa menurut para ahli yang terakhir yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah pengertian bahasa yang diutarakan oleh Soejono (1983:1) bawa bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang amat penting dalam kehidupan bersama. Hal ini jelas kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari di mana kita memerlukan bahasa untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan kepada orang- orang di sekitar kita agar kita mampu mengungkapkan apa yang sedang kita raskan dan juga mampu memahami apa yang orang lain rasakan sehingga kehidupan bersama yang harmonis dapat tercipta.

Demikian, beberapa pengertian bahasa menurut para ahli yang dapat digunakan untuk memahami apa yang sebenarnya dimaksud dengan bahasa itu sendiri. Semoga dapat membantu ya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian belajar , pengertian administrasi , pengertian sistem informasi , pengertian teknologi , pengertian bahasa , pengertian html , pengertian database , pengertian masyarakat  , pengertian lingkungan

Related Posts