Manfaat Daun Sambiloto bagi Kesehatan

 Kesehatan

Daun sambiloo sudah terkenal sejak dulu mampu mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini biasa digunakan untuk membuat jamu tradisional untuk pengobatan herbal. Banyak yang tidak menyukai daun ini karena rasanya yang sangat pahit, tetapi khasiat dan manfaatnya bisa berbuah manis pada kesehatan tubuh kita. Manfaat daun sambiloto bagi kesehatan sudah bukan rahasia lagi dan telah dibuktikan di banyak penelitian. Beberapa penelitian membuktikan bahwa senyawa yang terkandung di dalam daun sambiloto mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Selain itu, masih banyak lagi kandungan dan manfaat yang bisa dipelajari dari daun sambiloto untuk kesehatan tubuh dan pengobatan berbagai jenis penyakit.

Daun sambiloto memiliki nama Latin Andrographis Paniculata dan termasuk dalam keluarga Acanthace, merupakan tumbuhan khas daerah tropis yang bisa tumbuh dimana saja. Di dalam daun sambiloto terkandung senyawa andrographolite yang memiliki banyak khasiat. Senyawa ini mampu menekan pertumbuhan sel kanker karena senyawa aktifnya menurunkan ekspresi enzim cyclin dependent kinase 4. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari daun sambiloto. Berikut ini adalah manfaat daun sambiloto bagi kesehatan.

1

  • Mengobai tifoid, disentri basiler, dan diare
  • Mengobati radang saluran pernapasan, radang paru-paru, radang ginjal akut, radang telinga tengah, radang tenggorokan, radang tonsillitis, radang amandel, dan radang mulut
  • Mengobati influenza, sakit kepala, dan demam
  • Mengobati TB paru, pertussis, dan darah tinggi
  • Mengobati hidung berlendir, infeksi telinga tengah, dan sakit gigi
  • Mengobati kencing manis dan tifus
  • Mengobati gigitan ular berbisa dan sengatan binatang berbisa lainnya
  • Memperlancar air seni (diuretika)
  • Menurunkan tekanan darah karena kandungan senyawa kalium
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengatasi hepatitis, infeksi saluran empedu, dan penyakit trofoblas seperti kehamilan anggur
  • Mengobati malaria dan ambeien

Berbagai manfaat tersebut bisa didapatkan dengan berbagai cara. Bisa dengan merebus daun sambiloto dicampur bahan alami lainnya kemudian meminum airnya, menumbuk daun lalu ditempelkan pada bagian luka (gigitan ular atau sengatan hewan berbisa), dan saat ini telah banyak tersedia kapsul sambiloto yang lebih praktis. Untuk cara terakhir ini adalah cara yang paling banyak diminati karena praktis dan tidak memberikan rasa pahit. Daun sambiloto memang terkenal dengan rasanya yang sangat pahit, itu sebabnya nama daun ini di Madura adalah pepahitan. Agar mendapatkan manfaatnya tanpa merasakan pahitnya, biasanya orang-orang lebih memilih mengonsumsi pil daun sambiloto yang saat ini telah banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek.

Cara pengolahan dan konsumsi yang benar akan membuat manfaat daun sambiloto bagi kesehatan semakin terasa. Pengonsumsiannya juga harus secara rutin dan teratur, jangan langsung berharap bisa sembuh hanya dengan sekali konsumsi. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi pil ekstrak daun sambiloto, diharapkan mengikuti aturan pakainya agar tidak terjadi kelebihan dosis. Meskipun terbuat dari daun sambiloto, bentuk pil membuatnya telah dicampur dengan berbagai bahan kimia yang akan berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi dalam takaran yang berlebih. Selamat mencoba dan semoga kesehatan bisa Anda dapatkan.

Related Posts