Pengertian Bank Sentral Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Bank Sentral Menurut Para Ahli adalah – Di era sekarang menabung di celengan tidak lagi menjadi tren. Bagi orang yang masih melakukan justru akan dianggap ketinggalan jaman. Sebagai gantinya, orang-orang menyiampan mereka di sebuah lembaga keuangan yang biasa kita sebut bank. Anda pasti sudah tahu dan paham tentang bank. Tapi tahu kah anda apa itu bank sentral? Kalau belum, yuk cek Pengertian Bank Sentral Menurut Para Ahli.

Pengertian Bank Sentral Menurut Para Ahli. Menurut Wikipedia, bank sentral adalah sebuah lemabaga yang bertugas untuk menjaga nilai mata uang di suatu negara untuk tetap stabil. Bank ini harus berupaya sekuat tenaga agar inflasi atau naik-naiknya harga yang membuat mata uang turun tidak melonjak drastis. Karenanya bank sentral lah yang mengatur jalannya perputaran uang di suatu Negara. Menyeimbangkan jumlah antara barang yang ada dan uang yang berada di tangan rakyat merupakan pekerjaan bank sentral. Bank ini juga dapat memberlakukan kebijaka tertentu apabila jumlah uang yang beredar sudah terlalu banyak.

6

Masih tentang Pengertian Bank Sentral Menurut Para Ahli. Bank sentral dibentuk atas dasar UU nomor 13 tahun 1968 yang bertugas mengatur perbankan di Indonesia, mengawasi peredaran uang, mencetak dan memusnahkan mata uang, dan sebagainya. Jadi, bank ini adalah pusat dari bank-bank yang ada ada di negara kita. Nama bank sentral Indonesia adala Bank Indonesia (BI). BI ini dipimpin oleh dewan gubernur yang terdiri dari gubernur, deputi, gubernur senior dan deputi gubernur.

Setelah kita tahu Pengertian Bank Sentral Menurut Para Ahli. Kita akan beralih untuk mempelajari apa fungsi dari bank sentral. Nah, inilah beberapa fungsi dari bank sentral:

  1. Menetapkan kebijakan moneter

Kebijakan moneter ialah sebuah kebijakan untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar agar tetap stabil dan seimbang dengan barang yang tersedia. jika uang terkendali diharapkan tingkat pertumbuhan ekonomi akan semakin membaik tanpa terjadinya inflasi.

Bank sentral berfungsi untuk membuat kebijakan moneter. Dengan kebijakan itu, bank ini juga berhak turun tangan membantu bank-bank yang berada dalam kesulitan keuangan hingga terancam tutup dengan pemberian kredit. Namun, bantuan ini hanya bersifat jangka pendek saja.

  1. Mengawasi bank-bank

Bank sentral yang dinegara kita berarti Bank Indonesia juga berfungsi untuk mengatur dan mengawasi bank-bank yang ada diseluruh Indonesia. Jadi, BI akan menetapkan aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh semua bank. Bank Indonesia juga berhak untuk memberikan atau pun mencabut izin kegiatan tertentu dari bank. BI yang berfungsi sebagai pengawas dari bank-bank yang ada dapat memberikan sanksi apabila ada bank yang menyalahi aturan sesuai dengan ketentuan undang-undang.

  1. Mencetak dan mengedarkan uang

Bank sentral inilah yang mencetak uang dari mulai logam hingga yang kertas. Lalu kemudian diedarkan kepada masyarakat. Tak hanya sampai disitu, bank sentral juga harus tetap mengawasi jalannya uang tersebut.

  1. Sebagai pemegang kas dan penasihat uang negara

Bank sentrallah yang menyimpan kekayaan uang negara. Penerimaan dan pembayaran pemerintah akan melalui bank sentral. Sebagai perantara atau yang menangani keluar dan masuknya uang kepemerintahan, maka bank sentral pun merangkap sebagai penasihat uang negara.

Related Posts