Pengertian Twitter Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Sebagai salah satu jejaring sosial yang banyak dipakai oleh para pengguna internet, istilah Twitter tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Twitter merupakan situs jejaring sosial terpopuler setelah Facebook yang pernah booming beberapa tahun silam. Kepopuleran Twitter membuatnya banyak dibicarakan dan dijadikan bahan telaah untuk mempelajari banyak hal. Dari situlah muncul banyak pengertian Twitter menurut para ahli adalah. Memang ada banyak hal yang bisa kita ketahui dari Twitter ini, misalnya minat masyarakat, topik terhangat, kehidupan pribadi orang-orang terkenal di seluruh dunia, dan masih banyak lagi. Karena banyaknya hal bermanfaat itulah, popularitas Twitter terus mengalami peningkatan.

Menurut Wikipedia, Twitter diartikan sebagai sebuah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya (user) untuk mengirim dan membaca pesan teks dengan jumlah karakter maksimal 140 karakter. Sumber lain menyebutkan bahwa Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan bernama Twitter Inc. yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog kepada penggunanya. Tulisan maksimal 140 karakter yang ada di Twitter biasa disebut dengan tweet atau kicauan yang bisa ditampilkan di profil pengguna dan halaman teman-teman atau follower-nya. Pengguna dapat menyebarkan informasi melalui kicauan tersebut dengan beberapa cara, yakni melalui situs Twitter asli, melalui SMS, atau bisa juga melalui aplikasi-aplikasi twitter yang semakin banyak bermunculan.

8

Dalam pengertian Twitter menurut para ahli bisa diketahui sejarah pembuatannya. Twitter pertama kali muncul atau didirikan tahun 2006, tepatnya pada bulan Maret oleh Jack Dorsey, kemudian diluncurkan pada bulan Juli di tahun yang sama. Seiring berjalannya waktu, Twitter mengalami pertumbuhan yang sangat pesat ke seluruh penjuru dunia. Hingga bulan Januari 2013, jumlah pengguna Twitter sebanyak lebih dari 500 juta pengguna dengan 200 juta diantaranya merupakan pengguna aktif. Dengan pengguna sebanyak itu, Twitter mampu menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per harinya. Tingginya popularitas Twitter membuatnya digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti media kampanye, sarana pembelajaran, media motivasi, pengumuman, media komunikasi, dan masih banyak lagi.

Di dalam situs Twitter terdapat berbagai macam konten atau isi yang bisa dioperasikan oleh para penggunanya. Konten-konten tersebut adalah home, profile, follower, following, mentions, favorite, direct message, hashtag, list, dan trending topic. Home adalah halaman utama untuk melihat tweet orang-orang yang menjadi teman kita. Profil adalah halaman milik kita yang berisi data diri pemiliknya. Follower adalah pengguna lain yang menjadikan kita temannya. Following adalah akun pengguna yang diikuti oleh pengguna lainnya. mentions adalah balasan dari percakapan dengan cara menandai akun seseorang. Favorite adalah penandaan tweet agar tidak hilang. Direct message adalah pesan langsung seperti SMS. Hashtag adalah topik yang ditulis agar bisa dicari dengan mudah oleh pengguna lain. List adalah pengelompokkan pengguna Twitter dalam suatu grup. Trending topic adalah topik terhangat yang sedang banyak dibicarakan dalam satu waktu. Masing-masing konten tersebut harus bisa dipahami selain pengertian Twitter menurut para ahli karena dengan memahaminya akan lebih mudah bagi kita untuk mengoperasikan Twitter dan bergabung dengan jutaan orang di seluruh dunia.

Related Posts