Manfaat Buah Melon dan Jus Melon bagi Kesehatan

 Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dan tidak suka dengan buah melon? Buah yang amat segar dan nikmat ini merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari. Buah melon memiliki nama Latin Curcumis Melo masih satu keluarga dengan labu, blewah, dan semangka. Dengan bentuk bulat dan kulit bertekstur kasar ini, melon termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Meski kulitnya bertekstur kasar, daging buah melon sangat lembut, manis, dan mengandung banyak air. Selain dikonsumsi secara langsung, melon juga bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus atau digunakan sebagai bahan es buah. Jus melon sangat menyegarkan dan manis tanpa perlu diberi pemanis tambahan karena melon telah mengandung gula alami. Manfaat buah melon dan jus melon bagi kesehatan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Segala kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya akan memberikan khasiat yang beraneka ragam.

Manfaat buah melon dan jus melon bagi kesehatan. Buah melon bisa dimanfaatkan tidak hanya sebagai makanan pelengkap sehari-hari, tetapi juga bisa dipakai untuk pengobatan berbagai penyakit. Buah melon kaya akan kandungan nutrisi sehingga sangat ampuh untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu. Kebanyakan orang memang akan snagat senang bila pengobatan yang disarankan adalah mengonsumsi melon karena buah melon memiliki rasa yang manis dan segar karena mengandung 90% air. Mengonsumsi buah melon berarti Anda telah memenuhi nutrisi berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, IU, potassium, dan vitamin c.

7

Dengan kandungan nutrisi dan vitamin sebanyak dan selengkap itu, apa saja manfaat buah melon dan jus melon bagi kesehatan? Yuk, kita pelajari lebih lanjut mengenai hal tersebut dalam paparan manfaat buah dan jus melon di bawah ini.

  • Untuk menurunkan berat badan atau diet karena memiliki serat dan air yang sangat baik untuk pencernaan dan menghindari penyakit sembelit. Buah melon juga rendah kolesterol, bebas lemak, dan rendah kalori.
  • Mencegah impotensi karena kandungan asam amino yang mampu memproduksi arginine yang berfungsi untuk memperlebar aliran darah pada alat reproduksi.
  • Sebagai anti aging karena mengandung kolagen sehingga bisa menggantikan kolagen yang hilang disebabkan bertambahnya usia.
  • Mencegah serangan jantung dan stroke karena buah melon mengandung adenosine yang berfungsi untuk melancarkan peredaran sel darah merah dan mencegah penggumpalan sel darah merah.
  • Menjaga kesehatan mata karena mengandung betakaroten yang memiliki efek antioksidan. Betakaroten sendiri dikenal memiliki khasiat seperti provitamin A, bila dikonsumsi akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.
  • Mencegah diabetes karena buah melon rendah kalori dan rendah lemak. Meski di dalam buah melon terdapat banyak gula, tetapi gula tersebut adalah gula alami sehingga aman bagi kesehatan.
  • Mampu menyembuhkan penyakit ginjal dan eksim akut karena memiliki daya diuretic yang sangat baik.
  • Sebagai makanan anti kanker karena mengandung karotenoid sebagai pigmen pemberi warna pada buah melon. Karotenoid berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang biasanya membawa sel-sel kanker.
  • Menyembuhkan asam urat bila melon dikonsumsi bersamaan dengan lemon, bisa dengan cara diolah menjadi minuman atau dimakan secara langsung.

Related Posts