Manfaat Brokoli Hijau bagi Kesehatan

 Kesehatan

Sebagai salah satu jenis sayuran hijau kaya manfaat, brokoli hijau sudah bukan nama yang asing lagi. Sayuran dengan nama Latin Brassica Oleracea ini merupakan tanaman sayur yang masuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli hijau merupakan sayur yang kaya dengan berbagai biokimia yang telah dikenal ampuh untuk melawan kanker. Selain itu, manfaat brokoli hijau bagi kesehatan masih banyak lagi. Di dalam brokoli hijau juga terkandung isothiocyanates, yakni semacam zat kimia yang berfungsi untuk merangsang enzim tertentu yang dihasilkan oleh hati untuk menetralisir efek dari agen penyebab kanker di dalam tubuh. Zat ini sangat kuat sehingga sudah terbukti mampu memperlambat perkembangan sel kanker.

Brokoli hijau memiliki bentuk yang khas bila dibandingkan dengan sayuran lainnya. bagian yang dikonsumsi dari tanaan brokoli adalah kepala bunga yang berwarna hijau dan tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang yang tebal. Kepala bunga dari tanaman brokoli tersebut sebagian besar dikelilingi oleh daun. Untuk mendapatkan khasiat dari brokoli hijau secara maksimal sebaiknya dimasak dengan cara dikukus. Tujuan dari mengukus adalah agar vitamin dan nutrisi penting yang ada di dalam brokoli hijau tetap utuh dan tidak hilang karena proses pemasakan. Bila direbus, 50% asam folat yang terkandung di dalamnya akan hilang.

6

Manfaat brokoli hijau bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini adalah berbagai khasiat yang bisa didapatkan bila rutin mengonsumsi brokoli hijau.

  • Baik bagi kesehatan mata karena kandungan zat antioksidan fitokimia yang bernama lutein dan zeaxanthin.
  • Menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat karena asupan vitamin C dengan tambahan beta karoten, seng, dan selenium.
  • Mencegah kelainan atau cacat pada bayi bila dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan asam folat yang sangat baik.
  • Mencegah flu karena kandungan vitamin Csebagai zat antioksidan dan zat anti radang.
  • Membuat tulang lebih kokoh karena banyak mengandung kalsium dibandingkan dengan produk susu formula atau instan.
  • Menyembuhkan diabetes karena kandungan serat yang tinggi dan gula yang rendah.

Manfaat di atas bisa didapatkan oleh tubuh karena brokoli hijau memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin. Brokoli merupakan sayuran dengan kalori rendah, lemak rendah, bebas dari lemak jenuh, tinggi kalium, rendah sodium, dan tidak berkolesterol. Berbagai kandungan tersebut sudah terbukti sangat baik bagi kesehatan dan manjur untuk berbagai pengobatan. Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah brokoli hijau mengandung goitrogens yang terjadi secara ilmiah pada beberapa makanan tertentu sehingga dapat mengganggu fungsi dari kelenjar tiroid. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah tiroid sebaiknya mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi brokoli hijau. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk hasil yang lebih meyakinkan.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat brokoli hijau bagi kesehatan. Sebagai sayuran yang sudah popular, tidak sulit untuk mendapatkan brokoli hijau sehingga tidak sulit pula untuk rutin mengonsumsinya setiap hari. Semoga ulasan di atas bisa memberikan manfaat bagi Anda dan kesehatan tubuh Anda.

Related Posts