Manfaat khasiat Sarang Semut Papua untuk Kesehatan

 Kesehatan

Istilah sarang semut berasal dari bahasa Yunani myrmecodia yang bermakna mirip semut atau dikerumuni semut. Sarang semut biasa terdapat di dahan atau batang tumbuhan yang ada di daerah Papua. Disebut sebagai sarang semut karena di dalam umbi tanaman tersebut terdapat koloni semut yang bersimbiosis mutualisme dengan tanaman yang ditinggalinya. Sarang semut tersebut menghasilkan senyawa aktif yang bisa dipakai untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Manfaat sarang semut Papua untuk kesehatan sudah banyak dipaparkan oleh para ahli dalam berbagai penelitian. Sarang semut termasuk ke dalam kelompok tumbuhan epifit menempel di pohon besar yang bagian bahwahnya berongga.

Sarang semut yang dimaksud di sini bukanlah sembarang sarang semut. Anda harus berhati-hati dalam mencarinya. Sarang semut yang berkhasiat biasanya berada di tanah Papua. Harga sarang semut ini terbilang mahal, yakni sekitar 200 ribu rupiah per ¼ kilogram (0,25 kilogram). Sarang semut mengandung berbagai macam nutrisi dan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yakni zat flavonoid, tannin, polifenol, tokoferol (vitamin E), alfa-tokoferol, magnesium, kalsium, dan fosfor. Zat flavonoid berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh sehingga sngat berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Tannin adalah astrigen yang mengikat dan mengendapkan protein yang berlebih di dalam tubuh. Tokoferol yang tida lain adlaah vitamin E berfungsi untuk kesehatan kulit.

2

Adapun manfaat sarang semut Papua untuk kesehatan secara lengkap adalah sebagai berikut.

  • Mengobati penyakit jantung coroner karena kandungan multi mineral, terutama kalsium dan kalium.
  • Menyembuhkan penyakit reumatik krena khasiat dari flavonoid sebagai inhibitor enzim xanthine oxidase dan antioksidan serta tokoferol sebagai antioksidan.
  • Mengatasi sakit kepala sebelah atau migraine karena kandunfan kalsium, natrium, dan magnesium.
  • Menyembuhkan sakit maag karena flavonoid berfungsi sebagai antibakteri.
  • Sebagai obat alami penyakit darah tinggi atau hipertensi karena flavonoid mencegah penggumpalan darah bila dikonsumsi secara rutin.
  • Mengatasi penyakit stroke ringan hingga berat karena kandungan multi mineral.
  • Mengatasi diabetes mellitus karena kemampuan sarang semut untuk memulihkan fungsi organ tubuh, terutama pankreas, sehingga bisa menghasilkan hormon insulin yang cukup. Dengan demikian, gula di dalam darah bisa diolah menjadi zat yang lebih mudah diserap oleh tubuh.
  • Mengobati alergi hidung atau bersin-bersin dan mimisan karena senyawa tokoferol yang terkandung di dalamnya.
  • Sarang semut juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati wasir, meningkatkan stamina bagi pria, mengobati paru-paru, TBC, liver, lupus, dan leukemia.

Dalam membuat ramuan sarang semut, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar khasiatnya lebih besar. Pertama, pastikan sarang semut yang akan diolah benar-benar kering agar tidak ada jamur di dalamnya. Kedua, haluskan terlebih dahulu dengan cara ditumbuk atau diblender agar mudah dalam memberikan takaran dosis setiap kali akan meminumnya. Dosis yang dianjurkan setiap kali minum adalah satu sendok makan yang diseduh dengan air hangat. Agar ampas sarang semut tidak ikut masuk mulut, Anda bisa menyaringnya sehingga menghasilkan cairan yang bersih tanpa ampas dan tentunya lebih nikmat untuk diminum. Demikian ulasan mengenai manfaat sarang semut Papua untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Related Posts