Pengertian Program Aplikasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Program aplikasi menjadi salah satu komponen software atau perangkat lunak di dalam komputer. Sebagai software, program aplikasi jelas sangat dibutuhkan dalam pengoperasian komputer. Untuk itu, bagi siapapun yang mempelajari mengenai teknologi komputer perlu pula mengetahui pengertian program aplikasi menurut para ahli. Bila dimaknai secara terpisah, definisi program dalam kaitannya dengan komputer adalah suatu komponen urutan perintah yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan tugas atau fungsi tertentu. Sedangkan aplikasi adalah subkelas perangkat lunak komputer yang menggunakan komputer untuk melaksanakan tugas sesuai dengan keinginan penggunanya. Kedua istilah tersebut digabungkan menjadi program aplikasi yang mungkin saja bisa memiliki makna baru.

                Saat ini sudah cukup banyak aplikasi komputer yang dibuat dalam bentuk paket, hal tersebut disebut dengan application suite, misalnya saja Microsoft Office dan OpenOffice.org. aplikasi dalam satu paket ini biasanya berisi aplikasi-aplikasi sejenis yang saling berhubungan sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakannya dalam pekerjaan sehari-hari. Keuntungan aplikasi satu paket ini adalah adanya keterkaitan antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga memungkinkan pengguna menggabungkannya menjadi satu data yang utuh.

9

                Untuk lebih memahami mengenai program aplikasi dan pengertian program aplikasi menurut para ahli, berikut ini kita pelajari terlebih dahulu pengertian aplikasi yang dikemukakan oleh pakar teknologi di seluruh dunia.

  • Menurut Harip Santoso, aplikasi adalah kelompok file (Form, Class, Report) yang memiliki tujuan untuk menjalankan aktivitas tertentu yang saling berhubungan.
  • Menurut Hengky W.Pramana, aplikasi adalah unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan beberapa aktivitas, seperti sistem perniagaan, game palayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses bisa dilakukan oleh manusia.
  • Menurut Ibisa, aplikasi adalah alat bantu yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses kerja, bukan sebagai beban bagi penggunanya.
  • Menurut Hendrayudi, aplikasi adalah kumpulan perintah program yang diciptakan untuk melaksanakan pekerjaan tertentu yang diminta oleh pengguna.

                Keberadaan program aplikasi dalam teknologi komputer memang memiliki peranan penting. Aplikasi ini bisa diklasifikasikan dalam beberapa kelas yang merujuk pada kegunaannya dalam kehidupan. Pengguna program aplikasi bisa memilih klasifikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Klasifikasi tersebut adalah aplikasi perusahaan (enterprise), aplikasi infrastruktur perusahaan, aplikasi informasi kerja, aplikasi media dan hiburan (entertainment), aplikasi pendidikan, aplikasi pengembangan media, dan aplikasi rekayasa produk. Ketujun klasifikasi aplikasi tersebut jelas memuat sistem dan pengolahan yang berbeda karena memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda pula. Aplikasi tersebut merupakan alat terapan yang berfungsi sesuai dengan kemampuan aplikasi tersebut yang selalu siap dipakai oleh pengguna.

                Demikian ulasan mengenai pengertian program aplikasi menurut para ahli. Membahas mengenai teknologi komputer memang selalu menarik dan tidak ada habisnya. Program aplikasi hanyalah bagian kecil dari luasnya cakupan mengenai komputerisasi. Perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat akan mampu membuat program aplikasi ikut berkembang dan memunculkan hal-hal baru yang lebih menarik lagi. Perkembangan tersebut tentunya harus diimbangi dengan kemampuan pengguna untuk memahami dan mengoperasikannya dengan benar. Semoga ulasan ini bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi para pembaca.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian biosfer , pengertian pencemaran lingkungan , pengertian hukum islam , pengertian gizi , pengertian dongeng , pengertian desa , pengertian k3 , pengertian hikayat , pengertian grafik , pengertian program aplikasi , pengertian bencana alam

Related Posts