Pengertian Seni Budaya dan Kesenian Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pembahasan mengenai seni budaya dan kesenian memang tidak pernah ada matinya. Hal tersebut karena dunia seni dan budaya begitu luas dan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Lalu, bagaimana pengertian seni budaya dan kesenian menurut para ahli bila perkembangan zaman semakin pesat? Budaya tak hanya terbatas pada ciri khas suatu wilayah, tetapi bisa juga dimaknai sebagai sebuah kebiasaan atau adat warga di sebuah daerah. Sedangkan kesenian memiliki cakupan makna yang lebih luas lagi, apalagi bila dihubungkan dengan keberadaannya sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang terus dipelajari dan dikembangkan. Tentunya keberadaan seni budaya dan kesenian sangat menarik untuk diikuti perkembangan dan evolusinya.

                Pengertian seni budaya dan kesenian menurut para ahli dibentuk dari pengertian seni, budaya, dan kesenian. Seni bisa diartikan sebagai sebuah karya yang diciptakan dengan keterampilan yang luar biasa sehingga membuat sesuatu tersebut menjadi indah dan bernilai. Budaya adalah cara hidup yang berkebang dan dimiliki oleh kelompok orang dan diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Seni budaya berkaitan dengan kesejahteraan, keindahan, ketenteraman, dan proses evolusi manusia untuk lebih dekat kepada Sang Pencipta. Sedangkan pengertian kesenian adalah salah satu bagian dari budaya yang digunakan untuk mengekspresikan keindahan, menentukan norma, meneruskan adat dan nilai-nilai kebudayaan dari dalam jiwa manusia.

8

                Untuk lebih memahami konsep mengenai seni budaya dan kesenian, berikut ini ada beberapa pengertian seni budaya dan kesenian menurut para ahli yang diungkapkan oleh para pakar seni dan budaya di seluruh dunia.

  • Pengertian seni budaya menurut ahli
  • Pengertian kesenian menurut para ahli
  • Menurut Ida Bagus Putu Perwita, seni budaya adalah penunjang sarana upacara adat.
  • Menurut Harry Sulastianto, seni budaya adalah suatu keahlian yang mengekspresikan pemikiran estetika, mewujudkan kemampuan serta imajinasi pada benda, suasana, atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah (estetik) sehingga menciptakan peradaban yang lebih maju.
  • Menurut Sartono Kartodirdjo, seni budaya adalah suatu sistem yang koheren atau padu karena seni budaya dapat menjalankan komunikasi secara efektif, dengan melalui satu bagian saja dapat menunjukkan keseluruhannya.
  • Menurut M. Thoyibi, seni budaya adalah rasa seni yang membudaya, dapat dirasakan oleh orang banyak dalam rentang waktu lama, sejak sejarah peradaban manusia.
  • Menurut William A. Haviland, kesenian adalah seluruh sistem yang melibatkan proses pemakaian imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.
  • Menurut J.J Hogman, kesenian adalah sesuatu yang memiliki unsur ide, aktivitas, dan benda yang dihasilkan dari kecerdasan manusia.
  • Menurut Irving Stone, kesenian adalah kebutuhan pokok dan barang mewah yang selalu dibutuhkan oleh manusia layaknya makanan.
  • Menurut Kottak, kesenian adalah kualitas, hasil ekspresi, atau keindahan dan segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek dan subjek terhadap kriteria estetis.
  • Menurut Kuntjaraningrat, kesenian adalah suatu kompleks dari ide, gagasan, nilai, norma, dan peraturan dimana aktivitas berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil karya manusia.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian mahasiswa , pengertian mailing list , pengertian orde baru , pengertian alquran , pengertian monitor , pengertian perangkat lunak , pengertian web server , pengertian hak cipta , pengertian seni budaya , pengertian administrasi perkantoran , pengertian deposito

Related Posts