Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Budaya politik mungkin bukanlah istilah yang umum digunakan dalam topik pembicaraan sehari-hari. Politik memang bukan bahan perbincangan ringan yang bisa dimengerti oleh semua kalangan. Namun, sebagai warga negara tidak ada salahnya bila kita juga mengikuti perkembangan politik bangsa, salah satu hal yang paling awal mungkin memahami pengertian budaya politik menurut para ahli. Secara umum, budaya politik menjelaskan mengenai orang-orang yang menganut nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan pilihan-pilihan yang melegitimasi jalan hidup yang berbeda-beda (menekankan pada keterbukaan terhadap berbagai pendekatan dalam kajian budaya politik).

                Selain pengertian budaya politik menurut para ahli, budaya politik ternyata memiliki berbagai macam tipe, yakni budaya politik parokial, budaya politik subjek, budaya politik partisipan, budaya politik subjek parokial, budaya politik subjek partisipan, dan budaya politik parokial partisipan. Budaya politik parokial adalah budaya politik yang berorientasi pada individu dan masyarakatnya masih sangat rendah. Budaya politik subjek, masyarakat dan individunya telah mempunyai perhatian dan minat terhadap sistem politik. Budaya politik partisipan, tipe budaya yang ideal, individu dan masyarakatnya telah mempunyai perhatian. Budaya politik subjek parokial, sebagian besar telah menolak tuntutan masyarakat feudal atau kesukuan. Budaya politik subjek partisipan, sebagian masyarakatnya telah mempunyai orientasi input yang bersifat khusus dan serangkaian pribadi seorang aktivis. Budaya politik parokial partisipan, berlaku di negara-negara yang masyarakatnya menganut budaya dalam struktur politik parokial.

9

                Pengertian budaya politik menurut para ahli bisa dijadikan pengetahuan tambahan setelah Anda mengetahui tipe-tipenya. Definisi-definisi berikut ini bisa saja saling berbeda karena setiap pakar menilik dari berbagai sudut pandang yang berbeda pula.

  • Menurut Alan R. Ball, budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dan isu-isu politik.
  • Menurut Austin Ranney, budaya politik adalah seperangkat pandangan-pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama-sama; sebuah pola orientasi-orientasi terhadap objek-objek politik.
  • Menurut Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell, Jr., budaya politik berisikan sikap, keyakinan, nilai dan keterampilan yang berlaku bagi seluruh populasi, juga kecenderungan dan pola-pola khusus yang terdapat pada bagian-bagian tertentu dari populasi.
  • Menurut Sidney Verba, budaya politik adalah suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekspresif dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan.
  • Menurut Gabriel A. Almond, budaya politik adalah dimensi psikologis dari sebuah sistem politik yang juga memiliki peranan penting berjalannya sebuah sistem politik.
  • Menurut Miriam Budiardjo, budaya politik adalah keseluruhan dari pandangan-pandangan politik, seperti norma-norma, pola-pola orientasi terhadap politik dan pandangan hidup pada umumnya.
  • Menurut Marbun, budaya politik adalah pandangan politik yang mempengaruhi sikap, orientasi, dan pilihan politik seseorang, dan budaya politik ini lebih mengutamakan dimensi psikologis dari suatu sistem politik yaitu sikap, sistem kepercayaan, simbol yang dimiliki individu dan yang dilaksanakan dalam masyarakat.
  • Menurut Larry Diamond, budaya politik adalah keyakinan, sikap, nilai-nilai, ide-ide, sentimen dan evaluasi suatu masyarakat tentang sistem politik negeri mereka dan peran masing masing individu dalam sistem itu.
  • Menurut Mochtar Massoed, budaya politik adalah sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya.
  • Menurut Roy Macridis, budaya politik adalah sebagai tujuan bersama dan peraturan yang diterima bersama.
  • Menurut Dennis Kavanagh, budaya politik adalah sebagai pernyataan untuk menyatakan lingkungan perasaan dan sikap bagaimana sistem politik itu berlangsung.
  • Menurut Robert Dahl, budaya politik adalah satu faktor yang menjelaskan pola-pola yang berbeda mengenai pertentangan politik.
  • Menurut Rusadi Kantaprawira, budaya politik merupakan persepsi manusia, pola sikapnya terhadap berbagai masalah politik dan peristiwa politik terbawa pula ke dalam pembentukan struktur dan proses kegiatan politik masyarakat maupun pemerintah(an), karena sistem politik itu sendiri adalah interrelasi antara manusia yang menyangkut soal kekuasaan, aturan dan wewenang.
  • Menurut Brown, budaya Politik sebagai persepsi subyektif tentang sejarah dan politik, keyakinan dan nilai-nilai mendasar, lokus identifikasi dan loyalitas, serta pengetahuan dan harapan-harapan politik yang merupakan produk dari pengalaman sejarah khusus dari bangsa/kelompok.
  • Menurut White, budaya politik sebagai matriks sikap dan perilaku dimana sistem politik berada.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian inflasi , pengertian koperasi , pengertian norma , pengertian seni rupa , pengertian bisnis , pengertian otonomi daerah , pengertian lingkungan hidup , pengertian jaringan , pengertian drama , pengertian budaya politik , pengertian software

Related Posts