Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Lingkungan hidup menjadi hal yang saat ini banyak diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah. Pemeliharaan lingkungan hidup mulai banyak dicanangkan di berbagai daerah dan dibuat peraturan resminya. Selain itu, banyak pula organisasi-organisasi pencinta lingkungan yang menggagas adanya kegiatan-kegiatan yang baik untuk lingkungan hidup. Hal tersebut membuat kita harusnya mengetahui lebih banyak mengenai lingkungan hidup beserta pengertian lingkungan hidup menurut para ahli. Di berbagai negara terdapat istilah-istilah yang berbeda mengenai lingkungan hidup. Istilah lingkungan hidup dalam bahasa Inggris disebut dengan environment, dalam bahasa Belanda disebut dengan Millieu, sedangkan dalam bahasa Perancis disebut dengan I’environment. Kesemuanya memiliki makna yang sama, yakni lingkungan hidup.

                Secara umum, lingkungan hidup adalah semua benda, daya, dan kondisi yang terdapat dalam suatu tempat atau ruang tempat manusia atau makhluk hidup berada dan dapat memengaruhi hidupnya. Lingkungan hidup disebut juga dengan lingkungan hidup manusia (human environment). Istilah ini biasa kita kenal dengan lingkungan hidup. Bahkan tak jarang pula dalam bahasa perbincangan sehari-hari disebut sebagai lingkungan. Lalu, bagaimana dengan pengertian lingkungan hidup menurut para ahli?Unsur-unsur lingkungan hidup terdiri atas: manusia, hewan, tumbuhan, dan lain-lain. Lingkungan hidup merupakan bagian yang mutlak dari kehidupan manusia. Dengan kata lain, lingkungan hidup tidak terlepas dari kehidupan manusia.

6

                Memahami segala hal mengenai lingkungan hidup sangatlah penting karena berpengaruh pada kehidupan kita juga. Oleh sebab itu, mempelajari pengertian lingkungan hidup menurut para ahli juga perlu. Berikut ini adalah beberapa definisi lingkungan hidup yang telah dikemukakan oleh para pakar.

  • Menurut Prof Dr. Ir. Otto Soemarwoto, lingkungan hidup adalah jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati  yang mempengaruhi kehidupan kita.
  • Menurut UUPLH 1982, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, dan keadaan dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
  • Menurut S. J. Mc Naughton & Larry L. Wolf, lingkungan hidup adalah semua faktor ekstrenal yang bersifat biologis dan fisika yang langsung mempengarui kehidupan, pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi organisme.
  • Menurut Emil Salim, lingkungan hidup adalah segala benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia.
  • Menurut Michael Allaby, lingkungan hidup diartikan sebagai the physical, chemical and biotic condition surrounding and organism.
  • Menurut Prof. Dr. St. Munadjat Danusaputro, SH., lingkungan hidup sebagai semua benda dan kondisi, termasuk di dalamnya manusia dan tingkah perbuatannya, yang terdapat dalam ruang tempat manusia berada dan mempengaruhi hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya.
  • Menurut Sri Hayati, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan mahluk hidup. termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya.
  • Menurut Jonny Purba, lingkungan hidup adalah wilayah yang merupakan tempat berlangsungnya bermacam-macam interaksi sosial antara berbagai kelompok beserta pranatanya dengan simbol dan nilai

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian inflasi , pengertian koperasi , pengertian norma , pengertian seni rupa , pengertian bisnis , pengertian otonomi daerah , pengertian lingkungan hidup , pengertian jaringan , pengertian drama , pengertian budaya politik , pengertian software

Related Posts