Pengertian Gadget Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Meski merupakan istilah dari bahasa asing, gadget sudah bukan istilah yang asing lagi di telinga kita. Perkembangan dunia teknologi yang sangat pesat membuat istilah gadget begitu mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat. Tak hanya kalangan atas saja kini yang mengenal istilah ini, kalangan menengah ke bawah pun telah sangat familiar dengannya. Mungkin yang masih perlu dipelajari lebih lanjut mengenai pengertian gadget menurut para ahli adalah yang tak banyak orang mengetahuinya. Keberadaan gadget memang telah diketahui oleh masyarakat, tetapi dari segi definisi mungkin masih tidak banyak yang tahu. Kebanyakan orang hanya memahami bentuk dan seperti apa gadget itu.

Gadget memiliki banyak sekali pengertian karena memang banyak orang yang mendefinisikannya dari berbagai sudut pandang. Ada yang memaknai gadget sebagai sebuah alat komunikasi seperti handphone, tetapi tak sedikit pula yang menganggap komputer dan mp3 termasuk dalam gadget sehingga cakupannya lebih luas lagi. Sebenarnya istilah gadget berasal dari bahasa Inggris yang bermakna alat elektronik atau digital dengan ukuran yang kecil atau mini, memiliki berbagai kegunaan khusus sesuai jenisnya. Ada pula sumber yang menyebutkan bahwa istilah gadget berasal dari bahasa Perancis gchette yang bermakna alat pemicu yang ada pada berbagai mekanisme alat tembak, atau gage yang bermakna alat kecil atau aksesoris.

6

Pengertian gadget menurut para ahli selain bisa dipakai untuk alat-alat komunikasi dan teknologi lainnya, ternyata juga bisa dipakai dalam bahasa blogger. Istilah gadget akan muncul dalam dunia blogging, terutama yang menggunakan layanan gratis dari mesin blogspot. Gadget dalam dunia blogging diartikan sebagai sebuah fasilitas khusus yang bisa ditambahkan ke dalam situs atau blog yang kita buat, berbentuk aplikasi atau tool. Hal ini merupakan suatu terobosan baru dalam dunia teknologi internet. Sebagai perangkat canggih yang popular akhir-akhir ini, tak heran bila gadget bisa bermakna banyak hal yang tak terbatas. Dengan adanya gadget, seseorang akan semakin terasak kreativitas dan imajinasinya. Tentunya dengan syarat bahwa gadget tersebut digunakan untuk hal-hal yang positif.

Pengertian gadget menurut para ahli – Tak sedikit masyarakat, yang kebanyakan adalah anak-anak, mulai kecanduan dengan perangkat gadget. Berbagai macam jenis dan bentuk gadget memang semakin dirancang untuk mudah dipakai dan mudah didapatkan, bahkan oleh anak-anak sekalipun. Tak sedikit pula anak-anak yang tidak bisa melepaskan kesehariannya dari gadget. Hal ini jelas akan memberikan efek negatif pada diri anak, terutama pada prestasi belajarnya. Untuk itu, orang tua perlu cara-cara yang tepat untuk melepaskan anak dari kecanduan gadget ini. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Adanya niat dan pengertian yang diberikan orang tua kepada anak agar perlahan bisa melepaskan diri dari kecanduan memakai gadget.
  2. Cari tahu alasan anak suka menggunakan gadget, bisa jadi karena permainan yang ada di dalamnya atau mungkin jejaring sosial yang membuat anak menjadi ketagihan.
  3. Ubah kebiasaan online anak, arahkan anak agar menggunakan media internet untuk mengakses hal-hal yang bermanfaat, misal cerita bergambar, berita orlahraga kesukaannya, dan lain-lain.
  4. Buatlah jadwa anak boleh menggunakan gadgetnya. Dalam hal ini orang tua harus tegas dalam menentukan peraturan.

Related Posts