Pengertian Power Supply Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Sebagai salah satu hardware (perangkat keras) dalam komponen komputer, power supply memegang peranan yang cukup penting. Tahukah Anda apa itu power supply? Apa pula pengertian power supply menurut para ahli adalah ? Mengingat pentingnya peranan power supply dalam penggunaan komputer membuat kita perlu untuk mempelajarinya. Mempelajari power supply tidak terlalu sulit seperti kita mempelajari motherboard atau CPU pada komputer. Power supply terletak di luar perangkat komputer. Jika ingin melihat bentuk fisiknya, kita tidak perlu membongkar perangkat komputer karena power supply berada di luar.

Power supply adalah alat atau perangkat keras yang mampu menyuplai tenaga atau tegangan listrik secara langsung dari sumber tegangan listruk ke tegangan listrik lainnya. Di dalam perangkat komputer, power supply biasa digunakan untuk penghantar tegangan listrik secara langsung pada komponen-komponen lainnya yang ada di dalam komputer. Power supply melakukan penurunan tegangan listrik dari 220v ac menjadi 12 dc, 5v dc, dan 3,3v dc agar bisa dipakai oleh komputer untuk menghidupkan seluruh perangkat-perangkatnya. Pembagian tegangan dalam power supply adalah sebagai berikut. Tegangan 3,3v dc sampai 5v dc digunakan untuk rangkaian digital seperti processor, sedangkan tegangan 12v dc digunakan untuk penggerak perangkat seperti drive cd, dvd, hardisk, dan kipas. Power supply mempunyai input dari tegangan berarus AC dan mengubahnya menjadi arus DC kemudian menyalurkannya ke berbagai hardware yang ada di komputer.

7

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa power supply juga bisa diartikan sebagai suatu alat bantu konverter tegangan listrik pada komputer yang mampu mengubah tegangan listrik arus AC menjadi arus DC sehingga semua hardware berarus DC bisa mendapatkan tegangan listrik secara langsung. Jadi, power supply merupakan hardware yang sangat dibutuhkan dalam mengoperasikan komputer. Apabila power supply tidak ada atau tidak bisa digunakan, bisa dipastikan bahwa komputer juga tidak akan bisa dinyalakan. Power supply bukan hanya sekadar kotak logam yang berisi berbagai macam perangkat elektronik, melainkan sebagai salah satu urat nadi perangkat komputer. Hal tersebut juga terdapat penjelasannya dalam pengertian power supply menurut para ahli.

Ada dua jenis power supply yang biasa dipakai dalam perangat komputer. Kedua jenis power supply tersebut, sesuai dengan pengertian power supply menurut para ahli, adalah power supply AT dan power supply ATX. Berikut penjelasan mengenai kedua power supply tersebut.

  1. Power Supply AT

Power supply ini memiliki kabel power yang akan dihubungkan ke motherboard dan akan terpisah menjadi dua konektor power yang disebut P8 dan P9. Power supply ini hanya dipakai pada komputer yang memiliki processor Pentium 2 sehingga saat ini sudah tidak dipakai lagi karena sudah tidak lagi mampu memberikan daya listrik yang cukup untuk komputer canggih masa kini. Selain itu, sistem pengoperasiannya masih manual dengan cara menekan tombol on atau off untuk menyalakan dan mematikannya.

  1. Power Supply ATX

Power supply jenis ini adalah yang paling banyak dipakai oleh masyarakat karena memiliki kecanggihan yang lebih baik daripada jenis AT. Dengan daya listrik yang lebih tinggi, power supply ini mampu memenuhi standar untuk komputer masa kini. Ditambah lagi sistem pengoperasiannya juga sudah otomatis dan terdapat konektor power SATA.

Related Posts