Pengertian jaringan komputer dan manfaatnya

 Pengetahuan

Pengertian Jaringan computer ; di dunia telah mengalami banyak perubahan yang signifikan dalam kurun waktu 40 tahun dari semula yang hanya berfungsi sebagai alat percobaan dan hanya bersarang di laboratorium, sekarang berubah fungsi sebagai suatu system yang digunakan oleh berbagai orang dari seluruh penjuru dunia bukan ratusan bahkan berjuta –juta orang menggunakan jaringan computer untuk sekedar mengakses serta menerima berbagai mail dari segala tempat. Pada artikel kali ini akan diulas tentang pengertian jaringan komputer dan manfaatnya sehingga Anda dapat mengetahui secara luas apakah sebenarnya jaringan computer serta berbagai manfaat yang dihasilkan oleh jaringan computer itu sendiri.

1

Jaringan computer merupakan sekelompok computer yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan protocol komunikasi dengan memakai sumber berupa data informasi, program aplikasi serta perangkat keras pendukung seperti printer, hardisk dan lain- lain. Protocol komunkasi sendiri berfungsi suatu aturan atau cara bagi computer untuk saling berinteraksi untuk saling menukar informasi. Jaringan computer memerlukan komunikasi data agar dapat menghubungkan pengolahan data dari berbagai tempat yang berbeda untuk melakukan distribusi proses, data dan informasi.

Jaringan computer juga memerlukan alat agar berfungsi secara maksimal seperti kartu penghubung antar jaringan serta media penghubung jaringan. Kartu penghubung jaringan yang sering digunakan sebagai peralatan jaringan adalah Ethernet serta untuk media penghubung jaringan dapt menggunakan kabel atau tanpa kabel yang biasa disebut dengan wireless.

Jaringan computer memiliki berbagai jenis berdasarkan areanya, yakni:

  1. Local Area Network (LAN)

Yakni jaringan computer yang berfungsi untuk menghubungkan computer yang jaraknya tidak terlalu jauh

  1. Interconnection Network (Internetwork)

Jaringan ini merupakan penghubung antar jaringan LAN

  1. Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan ini berfungsi untuk menghubungkan computer antar gedung yang bisa melampaui jarak hingga 50km dalam satu kota.

  1. Wide Area Network (WAN)

Jaringan ini merupakan jaringan yang memiliki jangkauan yang sangat luas bisa menghubungkan antar negara bahkan antar benua.

Internet merupakan suatu jaringan computer yang digunakan oleh banyak orang dengan memanfaatkan browser sebagai perangkat lunak untuk menghubungkan computer dengan internet. Banyak orang menggunakan internet sebagai media untuk saling berkomunikasi serta bertukar data seperti saling berbicara antar pengguna internet, memesan atau membeli barang lewat internet, mengakses berbagai multimedia, mengetahui kehidupan orang di luar Negara, bahkan dapat sebagai ajang perkenalan.

Internet sendiri dapat berfungsi jika terdapat modem sebagai penghubungnya. Modem merupakan perangkat keras untuk mengakses internet melalui telepon, lebih dari itu ternyata modem juga ada yang bersifat internal maupun eksternal. Bersifat internal bahwa modem dirakit dan disimpan didalam CPU computer, dan eksternal merupakan modem yang terlepas atau tidak menyatu dengan computer.

Sekian pengertian jaringan computer dan manfaatnya , maka sekarang Anda telah mengerti bagaimana perkembangan jaringan computer dari masa ke masa yang telah beralih fungsi dari yang hanya bersarang di laboratorium hingga memberikan manfaat yang luar biasa bagi setiap orang yang memakainya. Semoga bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian hukum , pengertian jaringan computer , pengertian akuntansi ,pengertian komunikasi

Related Posts