Manfaat Banyak Minum Air Putih bagi Tubuh

 Kesehatan

Tubuh kita 70% berupa air sehingga jelas sekali untuk menjaga kesehatan kita membutuhkan banyak asupan cairan. Salah satu cairan yang sangat baik bagi tubuh adalah air putih. Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Meski kelihatannya sepele, kekurangan air putih bisa menyebabkan dehidrasi dan gangguan pencernaan. Kondisi terburuk bisa terjadi pada organ dalam Anda seperti ginjal dan hati. Manfaat banyak minum air putih bagi tubuh tidaklah sedikit. Air putih memiliki banyak khasiat, tak hanya untuk kesehatan tetapi juga bisa berkhasiat untuk kesehatan kulit dan kecantikan wajah. Untuk itulah air putih selalu menjadi obat mujarab yang dianjurkan oleh dokter.

6

Salah satu manfaat minum air putih yang cukup adalah untuk menghindarkan tubuh kita menderita dehidrasi, yakni kondisi tubuh tidak memiliki cukup air untuk mendukung fungsi-fungsi vital. Selain itu, minum air yang cukup juga bisa menghilangkan racun dan limbah yang ada di dalam tubuh. Di samping minum air putih yang cukup, kebutuhan tubuh akan air juga bisa dicukupi dengan mengonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air. Meski tidak bisa memenuhi kebutuhan air secara keseluruhan, buah dan sayuran tersebut bisa menambah nutrisi dalam tubuh. Selain dehidrasi, kekurangan cairan di dalam tubuh juga bisa menyebabkan sembelit, alergi, migrain, gangguan pada ginjal, asma, kulit kering dan keriput, serta masih banyak masalah lainnya.

Manfaat banyak minum air putih bagi tubuh tak hanya baik untuk kesehatan, melainkan juga baik bagi kulit dan rambut. Manfaat air untuk kulit sangat banyak, salah satunya adalah untuk mengatasi kulit kering. Dengan banyak mengonsumsi air, kulit akan menjadi lebih lembab karena jaringan di dalamnya terpenuhi kebutuhan airnya. Selain mengatasi kulit kering, masih banyak lagi khasiat ai bagi kulit, yakni sebagai anti penuaan, memerangi psoriasis, mengurangi tingkat stress karena bisa memberikan sensasi dingin di dalam tubuh, dan sebagai detoksifikasi kulit. Khasiat dari air juga bisa didapat dengan cara berendam atau mandi, misalnya berendam air hangat untuk membuat kulit rileks dan membuka pori-pori atau dengan mengompres kulit bengkak dengan air dingin untuk mengurangi peradangannya.

Manfaat air bagi kesehatan menjadi pembahasan yang paling diminati. Tak jarang seseorang menjadi gemar minum air putih karena mengetahui manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan. Manfaat banyak minum air putih bagi tubuh dan kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Menjaga kesehatan otot karena otot terbuat dari 70% air, berfungsi untuk menjaga kontraksi otot agar normal dan mencegah kram otot.
  • Menjaga sistem pencernaan agar berfungsi dengan normal karena bisa membantu proses kerja ginjal. Bila sistem pencernaan normal, masalah sembelit bisa diatasi sehingga bagi penderita sembelit harus minum banyak air agar kembali normal.
  • Membantu menjaga berat badan agar tetap proporsional. Minum air yang banyak akan membuat hati membakar lemak menjadi energi dengan lebih optimal. Dengan berat badan proporsional juga bisa membuat Anda tidak mudah lelah dalam melakukan aktivitas.

Related Posts