Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah antropologi berasal dari kata Yunani anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti ilmu atau teori. Jadi bila digabungkan menjadi antropologi bisa diartikan sebagai ilmu tentang manusia. Antropologi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Ilmu antropologi pertama kali muncul karena ketertarikan bangsa Eropa yang melihat ciri fisik, adat istiadat, budaya masyarakat yang berbeda dengan apa yang selama ini dikenal dan dilakukan di Eropa. Pengertian antropologi menurut para ahli bisa lebih bervariasi dan lebih luas lagi. Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip dengansosiologitetapi pada sosiologi lebih menitikberatkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.

                Berdasarkan lapangan penyelidikannya, antropologi dibagi menjadi dua, yakni antropologi fisik dan antropologi budaya. Antropologi fisik adalah ilmu yang mencoba mencapai pengertian sejarah tentang terjadinya aneka warna makhluk manusia yang dipandang dari segi jasmani, seperti warna kulit, bentuk rambut, bentuk tengkorak, bentuk muka, bentuk hidung, dan sebagainya. Jadi, ilmu ini mempelajari perkembangan tubuh dan pengaruh lingkungan terhadap struktur tubuh manusia. Antropologi fisik mempelajari manusia sebagai mahluk biologis yang menyelidiki penyebaran dan diversitas manusia. Antropologi budaya adalah antropologi yang mempelajari asal usul kebudayaan manusia, penyebaran, dan sejarahnya. Antropologi budaya secara umum mempelajari karateristik tingkah laku manusia sebagai hasil kebudayaannya, baik dahulu, sekarang, dan yang akan datang. Antropologi budaya mempelajari kebudayaan pada umumnya dan kebudayaan berbagai bangsa di dunia.

10

                Pengertian antropologi menurut para ahli dipaparkan sebagai berikut.

  • Menurut David Hunter, antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
  • Menurut Tulian Darwin, antropologi ingin membuktikan asal mula dan perkembangan manusia dengan melakukan berbagai penelitian terhadap kera dan monyet di seluruh dunia.
  • Menurut Koentjaraningrat, antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakatserta kebudayaan yang dihasilkan.
  • Menurut Ralfh L. Beals dan Harry Hoijen, antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dan semua apa yang dikerjakannya.
  • Menurut Rifhi Siddiq, antropologi adalah ilmu yang mengkaji segala aspek yang terdapat pada manusia yang terdiri dari berbagai macam konsepsi kebudayaan, tradisi, ilmu pengetahuan, teknologi, norma, kelembagaan, seni, linguistik dan lambang.
  • Menurut William A. Havilland, antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.

Dari beberapa pengertian ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa antropologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang segala aspek dari manusia yang terdiri atas aspek fisik dan nonfisik berupa warna kulit, bentuk rambut, bentuk mata, kebudayaan, aspek politik, dan berbagai pengetahuan tentang corak kehidupan lainnya yang bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian antropologi , pengertian tauhid , pengertian strategi , pengertian ekologi , pengertian wakaf , pengertian warga negara , pengertian integritas , pengertian berita , pengertian kredit , pengertian agama islam , pengertian server

 

Related Posts