Pengertian Berita Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Setiap hari kita selalu mencari berita-berita terhangat dan terbaru dalam kehidupan. Mengetahui berita terbaru membuat kita tidak ketinggalan informasi dan pergaulan. Pahamkah Anda dengan makna berita? Sudahkah Anda mengetahui pengertian berita menurut para ahli? Sebelumnya menjawab kedua pertanyaan tersebut, kita pahami terlebih dahulu asal usul kata berita. Istilah berita berasal dari bahasa Sansekerta “vrit” yang dalam bahasa Inggris disebut “write” yang artinya ada atau terjadi. Selain itu, ada juga yang menyebutnya dengan kata “vritta” yang berarti kejadian atau yang telah terjadi. Bisal ditilik artinya dari kamus, berita adalah laporan mengenai kejadian atau peristiwa terhangat.

                Berbeda dengan pengertian berita menurut para ahli, secara umum berita diartikan sebagai laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik, dan atau penting bagi sebagian besar khalayak. Berita ini bisa dipublikasikan melalui media berkala, seperti surat kabar, radio, televisi, atau media online internet. Dalam istilah jurnalistik, berita diberi nama “news”. Kata tersebut terbentuk dari kata “new” yang berarti baru. Jadi berita jelas merupakan sesuatu yang baru dan diinformasikan kepada khalayak banyak.

7

                Berikut ini pengertian berita menurut para ahli.

  • Menurut J.B Wahyudi, berita adalah sebuah uraian tentang fakta dan atau pendapat yang mengandung nilai berita dan yang sudah disajikan melalui media massa periodik.
  • Menurut Dean M. Lyle Spencer, berita adalah kenyataan atau ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.
  • Menurut Adi Negoro, berita adalah sebuah pernyataan diantara manusia yang saling memberitahukan.
  • Menurut Willard C. Bleyer, berita adalah sesuatu yang baru yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga dapat menarik atau mempunyai makna dan dapat menarik minat bagi pembaca.
  • Menurut Neil McNeil, berita adalah gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar yang memuatnya.
  • Menurut Eric C. Hepwood, berita adalah laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.
  • Menurut Charles A. Dana, berita adalah laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik bagi pembacanya dan berita terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.
  • Menurut Gerarld W. Johnson, berita adalah penyebab dari macam-macam peristiwa yang dijadikan pertimbangan utama oleh orang surat kabar untuk menulis dan mengumumkannya demi memperoleh kepuasan hatinya.
  • Menurut Catledge Turner, berita adalah segala sesuatu yang tidak diketahui masyarakat kemarin.
  • Menurut United Press Nation, berita adalah segala sesuatu dan apa saja yang menimbulkan minat akan kehidupan dan barang-barang dalam segala manifestasinya.
  • Menurut Robert Tyell, berita adalah informasi yang baru, menarik perhatian, mempengaruhi orang banyak, dan mampu membangkitkan selera masyarakat untuk mengikutinya.
  • Menurut Mochtar Lubis, berita adalah apa saja yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.
  • Menurut Micthel V. Charnley, berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang factual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.
  • Menurut Kamus Komunikasi, berita adalah laporan mengenai hal atau peristiwa yang baru terjadi,menyangkut kepentingan umum dan disiarkan secara cepat oleh media massa : surat kabar, majalah, radio siaran, televisi siaran.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian antropologi , pengertian tauhid , pengertian strategi , pengertian ekologi , pengertian wakaf , pengertian warga negara , pengertian integritas , pengertian berita , pengertian kredit , pengertian agama islam , pengertian server

 

Related Posts