Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Apa yang dimaksud dengan ekologi? Kita pernah mendapat pertanyaan serupa saat berada di bangku sekolah. Dalam ulasan kali ini kita akan membahas mengenai definisi ekologi beserta pengertian ekologi menurut para ahli. Kata ekologi dalam bahasa Yunani dibagi menjadi dua, yakni Oikos dan Logos. Oikos bermakna rumah atau tempat untuk hidup, disebut juga dengan habitat. Sedangkan Logos bermakna ilmu. Jadi,  ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya atau ilmu mengenai rumah tangga makhluk hidup. Sumber lain menyebutkan bahwa ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

                Membicarakan ekologi tidak bisa lepas dari ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yakni faktor abiotik dan faktor biotik, misalnya hewan, tumbuhan, dan mikroba. Ekosistem juga sangat berpengaruh dengan populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling mempengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan. Dalam ilmu ekologi, a3da tiga aspek utama yang dimiliki dan berlaku dalam kajiannya. Ketiga aspek tersebut adalah (1) studi mengenai hubungan organisme atau grup dengan lingkungannya, (2) studi mengenai hubungan antara organisme atau grup organisme terhadap lingkungannya, dan (3) studi mengenai struktur dan fungsi alam. Ketiga aspek di atas selalu dibahas dan diterapkan dalam pengembangan ilmu ekologi.

                Selain dimaknai dari segi bahasa, ada pula pengertian ekologi menurut para ahli. Beberapa pengertian tersebut akan diuraikan sebagai berikut.

  • Menurut Krebs, ekologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji interaksi-interaksi yang menentukan penyebaran dan kemelimpahan organisme.
  • Menurut Eugene P. Odum, ekologi adalah kajian terstruktur dan fungsi alam, tentang struktur dan interaksi antara sesama organisme dengan lingkungannya.
  • Menurut Andrewartha, ekologi adalah ilmu yang membahas penyebaran (distribusi) dan kemelimpahan organisme.
  • Menurut Odum, ekologi juga diartikan sebagai kajian tentang rumah tangga bumi termasuk flora, fauna, mikroorganisme, dan manusia yang hidup bersama dan saling bergantung satu sama lain.
  • Menurut Ernest Haeckle, ekologi adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk ekonomi alam, suatu kajian hubungan anorganik serta lingkungan organik di sekitarnya.
  • Menurut Miller, ekologi adalah ilmu tentang hubungan timbal balik antara organisme dan sesamanya serta dengan lingkungan tempat tinggalnya.
  • Menurut Resosoedarmo, ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
  • Menurut Otto Soemarwoto, ekologi adalah ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
  • Menurut C. Elton, ekologi adalah ilmu yang mengkaji sejarah alam atau perkehidupan alam (natural history) secara ilmiah.

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa ekologi adalah ilmu dasar yang mempelajari mengenai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan di sekitarnya.

                Dalam ilmu ekologi, terdapat prinsip-prinsip utama yang juga penting. Sejalan dengan pengertian ekologi menurut para ahli di atas, rpinsip-prinsip ini juga bisa menjelaskan lebih detail mengenai ekologi. Prinsip-prinsip utama tersebut adalah interaksi, saling ketergantungan, keanekaragaman, keharmonisan, dan kemampuan berkelanjutan. Kelima prinsip utama tersebut menjadi pelengkap dalam ilmu ekologi yang perlu untuk dipahami.

Related Posts