Pengertian Browser Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah browser sangat erat kaitannya dengan dunia internet. Meskipun tak sepopuler website atau situs, banyak pula yang mampu mengartikan browser. Pengertian browser menurut para ahli juga banyak dan bisa dipelajari dengan mudah. Secara sederhana, browser browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan dokumen-dokumen dan melakukan interaksi yang tersedia di web server. Awalnya browser hanya menyajikan tampilan berupa teks saja, tetapi seiring berkembangnya zaman browser bisa menampilkan gambar, animasi, dan multimedia seperti musik, film, dan video. Semakin canggih, browser sudah bisa dipakai untuk mengirim dan menerima pesan elektronik yang disebut dengan email. Kehadiran browser membuat para pengguna internet mampu mengakses segala informasi dengan mudah.

                Saat ini telah banyak bermunculan pilihan untuk web browser yang bisa digunakan untuk menjelajahi dunia maya. Beberapa web browser tersebut merupakan browser popular yang sering digunakan oleh user atau pengguna, yakni Google Chrome, Firefox, internet Explorer, Opera, dan Safari. Kecanggihan dunia teknologi memungkinkan browser-browser tersebut bisa diaplikasikan tak hanya pada komputer, tetapi juga di tablet, handphone, atau smartphone yang saat ini sangat marak. Setiap browser tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari perusahaan yang mengembangkannya.

9

                Pengertian browser menurut para ahli bisa dilengkapi dengan jenis-jenis browser yang popular di masyarakat. Seperti yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah web browser terpopuler yang paling banyak dipakai di seluruh dunia.

  1. Internet Explorer adalah salah satu web browser tertua di dunia dengan pengguna sebanyak 23,54 persen pangsa pasar. Jumlah tersebut berada di atas jumlah pengguna Firefox dan Google chrome.
  2. Google Chrome, dikembangkan oleh mesin pencari raksasa, Google, menjadi browser terpopuler karena fitur-fiturnya yang cepat dan tampilan yang simpel. Pada browser ini juga terdapat aplikasi terjemahan yang memungkinkan pengguna bisa mengakses tanpa plug in terlebih dahulu.
  3. Opera, seringkali digunakan untuk perangkat mobile dengan andalannya yakni Opera Mini.
  4. Mozilla Firefox merupakan web browser popular yang banyak digunakan di Amerika. Bernama asli Phoenix yang kemudian berganti menjadi Mozilla Firebird merupakan browser yang dikembangkan oleh yayasan Mozilla.
  5. Safari adalah penjelajah web browser buatan Apple Inc. yang awalnya diproduksi khusus untuk sistem operasi Mac OS.

                Selain pengertian secara sederhana, berikut ini adalah beberapa pengertian browser menurut para ahli.

  • Menurut Ali Zaki, browser adalah sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer dengan jaringan internet.
  • Menurut Lia Kuswayatno, browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuka website dengan cara menuliskan alamat situs yang akan dituju pada kota address.
  • Menurut Smitdev Community, browser adalah lawan kata dari server yang bertugas untuk menampilkan halaman website.
  • Menurut Gustav Pahala Frans, browser adalah aplikasi atau program yang digunakan untuk mengoperasikan internet, sebagai media surfing, browsing, dan menjelajahi dunia maya.
  • Menurut Rachmad Hakim, browser adalah aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet.
    Fungsi dari web browser adalah untuk menampilkan halaman web atau melakukan interaksi dengan dokumen yang disediakan oleh server.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian moral , pengertian kepemimpinan , pengertian saham , pengertian islam , pengertian www , pengertian cinta , pengertian blog , pengertian pengetahuan , pengertian laporan , pengertian browser , pengertian olahraga

Related Posts