Pengertian Agama Islam Menurut Al-Quran

 Pengetahuan

                Membahas mengenai agama Islam tak bisa dilepaskan dari kitab sucinya, yakni Al-Quran. Sebagai kitab suci yang menjadi dasar ajaran agama islam, Al-Quran memang menjadi satu bagian terpenting dalam pembelajaran mengenai Islam. Selain pengertian agama Islam menurut Al-Quran, pada dasarnya pengertian agama Islam bisa dilihat dari dua aspek, yakni aspek kebahasaan atau lingustik dan juga aspek peristilahan. Dilihat dari aspek bahasa, agama Islam berasal dari bahasa Arab “salima” yang bermakna selamat, sentosa, dan damai. Kata “salima” selanjutnya diubah menjadi “aslama” yang berarti berserah diri masuk ke dalam kedamaian. Sedangkan dilihat dari aspek peristilahan, pengertian agama Islam banyak dikemukakan oleh para ahli.

3

                Berikut ini beberapa pengertian agama Islam secara istilah yang dikemukakan oleh para ahli agama.

  • Menurut Prof. Dr. Harun Nasution, agama Islam adalah agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Tuhan pada masyarakat melalui Nabi Muhammad SAW.
  • Menurut Maulana Muhammad Ali, Islam adalah agama perdamaian dengan dua ajaran pokoknya, yakni keesaan Allah dan kesatuan umat manusia.

Dari dua contoh pengertian Islam sari aspek istilah di atas bisa disimpulkan bahwa agama Islam bisa dimaknai sebagai agama yang berasal dari Allah SWT dan diajarkan untuk menyembah Allah SWT.

                Selain dilihat dari kedua aspek di atas, pengertian agama Islam menurut Al-Quran juga banyak sekali dipelajari. Al-Quran sebagai kitab suci dan dasar ajaran Islam menjadi bahan pengkajian wajib bagi siapapun yang ingin mempelajari agama Islam. Ada banyak sekali makna yang terkandung dalam Al-Quran untuk menjabarkan mengenai agama Islam. Pengertian-pengertian tersebut tercantum dalam Al-Quran di banyak surat. Surat-surat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Dalam Surat QS. Al-Anfal: 61, Islam berasal dari kata “as-silmu” yang berarti damai.

“dan jika mereka condong kepada perdamaian, Maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” 

  • Dalam Surat QS. An-Nisa: 125, Islam berasal dari kata “aslama” yang bermakna menyerahkan diri atau pasrah.

“Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya”

  • Dalam Surat QS. Ash-Shaffat: 26, Islam berasal dari kata “istalma mustaslima” bermakna penyerahan total kepada Allah.

”Bahkan mereka pada hari itu menyerah diri”

  • Dalam Surat QS. Asy-Syu’ara: 89, Islam berasal dari kata “saliimun salim” yang bermakna bersih dan suci.

“Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih”

  • Dalam Surat QS. Maryam: 47, Islam berasal dari kata “salamun” yang bermakna selamat.

“Berkata Ibrahim: “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan memintakan ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku”

                Dari pengertian agama Islam menurut Al-Quran tersebut kita sudah bisa memantapkan makna Silam sesungguhnya. Tak ada yang bisa membantah dan meragukan makna yang diberikan oleh Al-Quran. Dalam pengertian tersebut juga terkandung makna bahwa Islam mengajarkan cinta damai, pasrah atau berserah diri kepada Allah, dan menjauhkan diri dari perbuatan tercela (bersih dan suci).

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian moral , pengertian kepemimpinan , pengertian saham , pengertian islam , pengertian www , pengertian cinta , pengertian blog , pengertian pengetahuan , pengertian laporan , pengertian browser , pengertian olahraga

Related Posts