Manfaat Telur Bebek Asin bagi Kesehatan

 Kesehatan

Selain telur ayam, telur bebek juga mendapat tempat di hati masyarakat, apalagi bila diasinkan menjadi telur bebek asin atau lebih dikenal dengan istilah telur asin. Manfaat telur bebek asin bagi kesehatan juga telah diketahui oleh banyak orang sehingga semakin menambah minat masyarakat.  Telur asin hanya bisa dibuat dari telur bebek karena kualitas telur bebek lebih baik daripada telur ayam. Telur bebek memiliki tekstur lebih kenyal dan menyerap garam dengan lebih baik. Telur bebek memiliki ukuran lebih besar dan memiliki kalori lebih tinggi hingga 50% daripada telur ayam dan juga mengandung beberapa nutrisi penting di dalamnya. Namun, telur itik tinggi kandungan kolesterol meski tidak terlalu berpengaruh di dalam darah. Meski begitu, lebih baik tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak.

Awalnya, telur bebek diasinkan agar lebih tahan lama dan awet dalam masa penyimpanan. Ternyata efek dari pengasinan tersebut bukan hanya lebih tahan lama, tetapi juga rasa telur menjadi asin khas yang nikmat. Karena keawetan dan kenikmatannya itulah telur asin menjadi popular sebagai salah satu lauk olahan telur. Tak banyak yang tahu bahwa telur tersebut juga mengandung banyak khasiat di dalamnya. Telur itik atau telur bebek yang diasinkan memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Kandungan yang dimaksud adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B12, vitamin E, selenium, serta mineral lain seperti zat besi, seng, fosfor, kalsium dalam jumlah yang kecil.

6

Adapun manfaat telur bebek asin bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Menghasilkan energi bagi tubuh dan lebih mengenyangkan serta mendukung seluruh kesehatan tubuh seperti otot, kulit, rambut, dan lain-lain.
  • Membantu perkembangan kecerdasan otak karena kandungan asam lemak omega 3 agar otak berkembang dengan lebih baik.
  • Vitamin B12 untuk menjaga kesehatan syaraf dan meningkatkan fungsi sel darah merah pada tubuh.
  • Mendukung fungsi kekebalan tubuh dan membantu tubuh membentuk hormon di kelenjar tiroid karena kandungan selenium di dalamnya.
  • Kandungan zat besi berfungsi untuk membantu sel darah merah mengangkut oksigen dan membantu tubuh memproduksi energi.
  • Kandungan vitamin A berkhasiat untuk mempromosikan pengembangan sel baru demi menjaga jaringan tubuh yang sehat dan menjaga penglihatan agar tetap baik.
  • Kandungan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.
  • Bagus untuk pertumbuhan anak karena kandungan kalsium dan proteinnya yang tinggi serta kandungan berbagai jenis vitamin yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Banyaknya manfaat telur bebek asin bagi kesehatan di atas tak lantas membuat bahaya dari konsumsi telur asin yang berlebihan jadi memudar. Anda harus memperhatikan cara mengonsumsinya, jangan terlalu banyak karena akan memberikan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan. Khususnya bagi mereka yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi telur asin karena kandungan garam yang tinggi mampu memicu tekanan darah semakin tinggi, waspadai juga beredarnya telur asin palsu yang dibuat dengan berbagai bahan kimia berbahaya bagi tubuh. Alih-alih mendapatkan manfaat kesehatan, malah tubuh Anda menjadi sarang penyakit berbahaya.

Related Posts