Pengertian Http Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dunia maya (internet) semakin berkembang dari waktu ke waktu. Berbagai kalangan seolah keranjingan menggunakan teknologi ini, mulai dari anak-anak hingga orang tua, pria atau wanita, pejabat atau rakyat, kaum berpendidikan atau masyarakat biasa, semuanya seolah tersihir dengan kehadiran dunia maya ini. Hal ini dikarenakan segala macam aktivitas dan kebutuhan hidup telah bisa dipenuhi melalui internet. Untuk mengimbangi aktivitas berselancar di dunia maya, Anda membutuhkan pengetahuan-pengetahuan dasar agar bisa mengoptimalkan kegunaannya. Salah satunya adalah mengenai http. Mengetahui pengertian http menurut para ahli sangatlah penting karena secara tidak langsung membuat Anda memahami apa yang Anda kerjakan melalui internet dengan lebih baik.

7

                Http pertama kali diperkenalkan tahun 1993 yang dipergunakan dalam www sebagai protokol transfer secara nyata atau file mentah. Pengertian tersebut dianggap lebih mudah untuk dimengerti bahwa semua data informasi yang dikirm sesuai dengan isi dokumen tanpa memandang apa tipe dokumennya. Baru pada tahun 1996 http kembali disempurnakan menjadi tipe yang mampu meng-enkoding atau mengakomodasikan segala dokumen yang berlangsung dalam jalur internet. Setelah itu http terus berkembang untuk mengakomodasikan proxy, cache, dan persisten. Maka, meski Anda tak mengetik www atau http pada alamat yang Anda cari, server akan secara otomatis bisa mencarikan alamat dan web yang Anda inginkan.

Sebelum mengetahui pengertian http menurut para ahli, terlebih dahulu kita mengetahui pengertian http secara umum. Http atau Hypertext Transfer Protocol adalah sistem untuk transmisi dan menerima informasi di internet. Fungsi http adalah sebagai permintaan dan prosedur respon yang semua agen di internet mengikuti sehingga informasi yang diinginkan dapat dengan mudah, cepat, dan akurat disebarluaskan antara server yang memegang informasi dank lien yang mencoba untuk mengaksesnya. Http umunya digunakan untuk mengakses halaman html, tetapi sumber daya lain bisa juga memanfaatkan http. Selain http, ada juga yang disebut dengan https. Https identik dengan http. Kedua sistem ini menggunakan Uniform Resource Identifier (URI) yang dama sehingga sumber daya dapat universal diidentifikasi.

                Selain fungsi di atas, http juga mengatur aktivitas-aktivitas apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol http. Proses sebenarnya dari penggunaan http ini adalah sebagai berikut.

  • Awalnya Anda memasukkan sebuah alamat atau URL pada internet browser.
  • Browser akan mengirimkan perintah http tersebut ke web server.
  • Web server kemudian akan menerima perintah tersebut dan akan melaksanakan aktivitas sesuai dengan perintah.
  • Hasil aktivitas tersebut akan dikirim kembali ke browser untuk ditampilkan kembali kepada pengguna.

 Keberadaan internet yang semakin menunjang aktivitas kita sebagai makhluk sosial dan pekerja sangatlah bermanfaat. Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda ikut mempelajari berbagai komponen yang ada di dalam internet tersebut. Pengertian http menurut para ahli ini merupakan salah satu kecil bagian dari hal yang perlu Anda pelajari. Masih banyak lagi hal-hal yang berhubungan dengan internet yang perlu Anda ketahui. Hal tersebut akan mempermudah Anda ddalam mengakses segala kecanggihan dan kemudahan di dalam internet.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian asuransi , pengertian jurnal , pengertian ijtihad , pengertian isp , pengertian pemasaran , pengertian masyarakat madani , pengertian resensi , pengertian microsoft excel , pengertian pemilu , pengertian manusia , pengertian paradigma , pengertian http , pengertian variabel , pengertian wifi , pengertian demokrasi pancasila , pengertian protein , pengertian dasar negara

Related Posts