Fungsi Pemasaran Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Pemasaran, bukanlah kata yang asing di telinga masyarakat. Pemasaran diartikan sebagai cara yang dilakukan suatu perusahana untuk menjual produknya. Tapi, tahukah anda tentang fungsi pemasaran menurut para ahli? Simaklah pembahasan berikut, daripada waktu luang anda terbuang sia – sia, lebih baik kita bersama – sama membahas artikel hari ini.

Artikel kali ini dibuat dengan judul fungsi pemasaran menurut para ahli, membahasa fungsi pemasaran menurut para ahli, berarti kita menyinggung arti / definisi pemasaran menurut para ahli. Memang terdapat banyak definisi tentang pemasaran menurut para ahlinya, diantaranya :

3
1. William J Stanton, menyatakan bahwa Pemasaran adalah seluruh kegiatan intern yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli baik pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.

2. Philip dan Duncan. Pemasaran meliputi semua langkah yang digunakan atau diperlukan untuk menempatkan barang-barang berwujud kepada konsumen.

3. American Marketing Association Pemasaran meliputi pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.

Sesuai dengan pengertian di atas, dapat disimpulkan fungsi pemasaran menurut para ahlinya adalah untuk :
1. Pemasaran bertujuan untuk merencanakan, penentuan harga, dan promosi barang serta distribusi barang dan jasa yang akan memuaskan kedua belah pihak

2. Pemasaran bertujuan untuk nilai ekonomis suatu barang

3. Pemasaran bertujuan untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang.

Sesuai dengan penjelasan tentang fungsi pemasaran menurut para ahli, terdapat beberapa situasi yang mungkin terjadi dalam hal ini, situasi tersebut diantaranya adalah ;

1. Tahap Perkenalan
Tahap perkenalan ini menunjukan bahwa barang yang dipasarkan benar-benar baru atau masyarakat belum tahu atau belum mengenalnya sehingga perlu memperkenalkan barang tersebut pada masyarakat melalui penyampaian informasi dengan kegiatan promosi yang gencar dan agresif menekankan merk penjualan, kelebihannya dibandingkan dengan produk sejenis ataupun bagaimana kegunaanya bagi konsumen dan lain-lain. Tujuan utama dilakukannya suatu proses promosi adalah agar konsumen tahu dan mengenal dengan baik produk perusahaan dan mulai menyukainya.

2. Tahap Pertumbuhan
Tahap pertunbuhan ditunjukan untuk meningkatnya volume penjualan dengan cepat karena produk sudah menempatkan pada segmen pasar yang sesuai. Usaha yang dilakukan dalam tahap ini adalah menurunkan kegiatan promosinya untuk diganti dengan memperluas dan meningkatkan distribusi ke daerah-daerah (lokasi-lokasi segmen pasar) yang belum dimasuki atau kegiatan promosi digantikan dengan persaingan harga dengan perusahaan pesaing. Saat tahap pertumbuhan mulai, biasanya mulai bermunculan perusahaan-perusahaan pesaing yang mencoba merebut konsumsen pasar yang kita kuasai dengan menggunakan strategi-strategi unik yang membuat konsumen beralih laju ke pihak pesaing tersebut.

3. Tahap kedewasaan dan kejenuhan
Tahap kedewasaan merupakan titik puncak kejayaan suatu perusahaan yang ditunjukan dengan peningkatan volume penjualan yang sangat tinggi. Pada tahap ini produk perusahaan sudah dikenal dengan baik oleh konsumen, sehingga usaha promosi amat sedikit peranannya dalam meningkatkan atau menambah volume penjualan.

4. Tahap kemunduran/penurunan
Tahap ini dapat terjadi, apabila adanya kelakuan yang menimbulkan akibat buruk perilaku konsumen tersebut menurunkan volume penjualan perusahaan sehingga perusahaan harus cepat-cepat mengambil kebijaksanaan agar perusahaan tidak bangkrut.

Sekian pembahasan fungsi pemasaran menurut para ahli, semoga pembahasan kali ini menambah waawasan juga ilmu pengetahuan untuk para pembaca. Teruslah membaca mencari ilmu alam yang tak terbatas, jangan batasi diri kita untuk terus belajar dan belajar. Penulis juga berharap penulisan kali ini memberikan kata penasaran untuk anda sehingga anda akan terus mencari ilmu tersebut, seiring dengan hal tersebut, ilmu anda akan bertambah dan menjadi bekal di hidup anda kemudian hari nanti.

Related Posts