Pengertian dan Fungsi Air

 Pengetahuan

Siapa diantara anda yang tidak pernah mengenal air? Penulis yakin, jawabannya pasti tidak ada. Tidak ada mahluk hidup yang tidak membutuhkan air. Mengapa? Karena pengertian dan fungsi air berhubungan dengan kelangsungan hidup mahluk hidup. Jika anda menyangkal perkataan tersebut, coba saja anda hidup 1 hari tanpa air, apa yang anda rasakan? Pasti sangat menyengsarakan.

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi air. Apa definisi anda tentang air? Menurut kamus bahasa Indonesia, air adalah sesuatu yang berwujud cair, dan akan mendidih pada suhu 1000C. Sedangkan pengertian air secara umum adalah bagain terpenting dalam hidup bukan hanya mahluk hidup, tetapi semua unsure yang ada di bumi. Air dikatakan sebagai sumber kehidupan. Air dapat berbentuk es ( padatan ), cair ( air ) dan gas ( uap ). Semua zat tersebut memiliki komposisi penyusun berupa air. Air memiliki peran yang sangat penting dalam setiap unsure kehidupan, untuk lebih memahami pembahasan kali ini, akan dijabarkan beberapa fungsi air untuk mahluk hidup. Fungsi tersebut diantaranya adalah :

4
Air untuk manusia
Berfungsi untuk memenuhi segala macam keperluan sehari – hari seperti ; memasak, mandi, minum, dll.
Berfungsi untuk melarutkan makanan yang kita makan sehari – hari, sehingga tidak tersisa di mulut / tenggorokan
Berfungsi untuk membantu segala reaksi kimia dan fisika dalam proses metabolism dalam tubuh mahluk hidup
Air merupakan salah satu komponen terbesar yang ada dalam darah
Berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh, sehingga suhu tubuh manusia tetap normal dan seimbang
Air membantu organ – organ dalam tubuh bekerja sesuai dengan mestinya, jika tidak ada air, dapatkah anda bayangkan jika organ organ ini berhenti sementara?

Air untuk hewan berfungsi untuk, minum dan melakukan proses metabolism yang tidak berbeda jauh dengan manusia
Fungsi air untuk tumbuhan salah satunya adalah untuk membantu dalam proses fotosintesis, air juga berfungsi dalam kondisi kesuburan tanaman. Jika asupan air kurang, otomatis tanaman akan kekurangan air sehingga akan menjadi kering
Air juga berfungsi untuk membantu proses – proses kimia dan fisika yang terjadi di alam, sehingga produk dari reaksi ini akan dinikmati oleh mahluk hidup juga.
Air berfungsi sebagai pembangkit listrik, dalam PLTA ( Pembangkit Listrik Tenaga Air )
Air berfungsi untuk pertanian dan alat transportasi
Air dibutuhkan dalam dinas pemadam kebakaran untuk memadamkan api
Air berfungsi untuk kebutuhan – kebutuhan industry dalam mengelola limbah industry, sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar

Jika anda memiliki refrensi lain tentang fungsi dari air, silahkan jabarkan, agar kita sama – sama belajar. Cukup banyak bukan manfaat air? Untuk itu janganlah anda membuang – buang air, karena jika air habis, apa yang bisa kita lakukan? Untuk bersujud pada yang kuasa saja kita masih merasa risih jika belum terbasuh oleh air. Semoga pembahasan pengertian dan fungsi air kali ini membuka pemikiran kita, sehingga kita tidak menyia-nyiakan air yang ada disekitar kita, dan sama – sama menjaga sumber daya air di alam kita.

Related Posts