Pengertian Server Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Bagi Anda yang sering atau bahkan setiap hari berkutat dengan dunia maya, pasti sudah dangat terbiasa mendnegra istilah server. Lalu, bagaimana dengan pengertian server menurut para ahli? Apakah Anda juga sering mendengarnya? Pada dunia komputer, server berfungsi sebagai perangkat lunak (software) yang dipakai pada suatu perangkat keras (hardware) yang umumnya berupa komputer. Server dapat berfungsi sebagai file server, web server, print server, dan mail server. File server berperan dalam menangani berkas (file) yang dapat diakses oleh client. Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client. Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser. Sedangkan mail server berfungsi menangani surat elektronik.

10

                Ditinjau dari segi manapun, server selalu menjadi istilah yang erat kaitannya dengan dunia maya. Berikut ini adalah beberapa pengertian server menurut para ahli.

  • Menurut Frans, server adalah pemilik informasi yang menyediakan dirinya untuk memberikan service atau layanan .
  • Menurut V. Djong, server adalah anggota dari sebuah workgroup.
  • Menurut Melwin Syafrizal, server adalah pengelola semua sumberdaya jaringan.
  • Menurut Harip Santoso, server adalah istilah yang digunakan untuk pengertian proses layanan database yang ditangani oleh piranti software (RDBMS) yang berdiri sendiri dan terdapat pada komputer yang terpisah dari client/pengguna.
  • Menurut Lia Kuswayatno, server adalah komputer yang bertindak untuk melayani permintaan client.
  • Menurut IR. Yuniar Supardi, server merupakan perangkat untuk mengatur beberapa client.
  • Menurut Nancy I. Whitman, server merupakanarsitektur scalable di mana masing-masing komputeratau proses dalam jaringan bertindak sebagai server atau client.
  • Menurut Irene Joos, server merupakan komputer terpisah yang menyimpan file halaman web dan berkomunikasi dengan client.
  • Menurut Drs. Ario Suryo Kusumo, server adalah komputer yang “melayani” sesuatu. Server umunya dapat menangani permintaan client dalam jumlah yang banyak secara simultan.

                Sejak tadi, kita sering mendengar istilah client server. Sebenarnya apa itu client server? Client-Server adalah pembagian kerja antara server dan client yg mengakses server dalam suatu jaringan. Jadi arsitektur client-server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan. Dalam konteks basis data, client mengatur interface berfungsi sebagai workstation tempat menjalankan aplikasi basis data. Client menerima permintaan pemakai, memeriksa sintaks dan generate kebutuhan basis data dalam SQL atau bahasa yang lain. Kemudian meneruskan pesan ke server, menunggu response dan bentuk response untuk pemakai akhir. Server menerima dan memproses permintaan basis data kemudian mengembalikan hasil ke client. Proses-proses ini melibatkan pemeriksaan autorisasi, jaminan integritas, pemeliharaan data dictionary dan mengerjakan query serta proses update. Selain itu juga menyediakan kontrol terhadap concurrency dan recovery. Hal ini menjadi sedikit tambahan bagi materi kita mengenai pengertian server menurut para ahli.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian server , pengertian pergaulan bebas , pengertian hiv aids , pengertian virus , pengertian poster , pengertian media pembelajaran , pengertian karya ilmiah , pengertian e-mail , pengertian obligasi , pengertian haji , pengertian url

Related Posts